Menkeu Bakal Kucurkan Anggaran Lebih Besar bagi Desa Termiskin

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 14 Sep 2017 19:33 WIB
dana desa
Menkeu Bakal Kucurkan Anggaran Lebih Besar bagi Desa Termiskin
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. MTVN/Suci Sedya Utami.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Keuangan bakal mengubah formulasi penyaluran alokasi transfer dana desa mulai tahun anggaran 2018. Alokasi tersebut bakal diberikan pada 7.500 desa di tanah air.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, selama ini formulasi yang ditetapkan yakni dengan presentase 90:10, di mana 90 persen merupakan alokasi sama rata yang diberikan ke desa dan 10 persen dihitung berdasarkan tingkat kemiskinan suatu desa.

"Kalau desanya makin miskin, tertinggal, kita kasih lebih banyak bobotnya, sehingga ada desa yang dapat Rp800 juta minimal, ada desa yang dapat Rp2,5 miliar per desanya," kata Ani sapaan akrabnya dalam rapat kerja nasional akuntabilitaa dan transparansi pengelolaan keuangan negara untuk Indonesia sejahtera di Gedung Dhanapala, Kemenkeu, Jakarta Pusat, Kamis 14 September 2017.

Ani menyampaikan, untuk skema formulasi yang baru perhitungannya akan menjadi 80-82:18-20. Di mana untuk alokasi sama rata ke desa antara 80-82 persen dan desa yang makin miskin ditambah 18:20 persen.

Mantan Direktur Pelaksanaan Bank Dunia ini mengatakan, hal tersebut dilakukan setelah mengamati bahwasanya masih ada desa miskin yang jauh tertinggal, sehingga alokasi untuk desa tersebut akan ditingkatkan.

"Artinya masing-masing dana desa yang disampaikan ke daerah akan meningkat, kalau penduduk miskinnya banyak maka akan mendapat dana lebih banyak," ujar dia.

Adapun alokasi anggaran untuk dana desa yang dianggarkan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2018 sebesar Rp60 triliun.





(SAW)