BCA Tidak Khawatir Himbara Punya Switching Sendiri

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 21 Jun 2017 07:18 WIB
bca
BCA Tidak Khawatir Himbara Punya <i>Switching</i> Sendiri
Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja (MI/IMMANUEL ANTONIUS)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) atau BCA tak khawatir nasabah akan berpindah ke bank-bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Hal ini lantaran Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) telah memiliki perusahaan switching melalui PT Jalin Pembayaran Nusantara (JPN) sehingga biaya transaksi antarbank menjadi lebih murah.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menyatakan, pihaknya memiliki keunggulan tersendiri untuk menyediakan transaksi murah bagi nasabah. Apalagi BCA telah melakukan kerja sama dengan Visa dan Mastercard sehingga biaya yang dibebankan kepada nasabah bisa ditekan.

"Sebenarnya ATM kita itu bisa digunakan sebagai debit card dan itu tidak dikenakan biaya sama sekali. Di luar BCA mereka belum punya. Jadi mereka gandeng Visa dan Mastercard, jadi setiap transaksi kena biaya," ujarnya, di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Selasa 20 Juni 2017.

Dirinya menambahkan, sebenarnya biaya yang dibebankan kepada nasabah untuk transaksi tadi tidak ada alias free. Namun jika pun ada maka biaya itu harus dibagi ke beberapa perusahaan mulai dari switching, acquiring bank, hingga issuer kartu tersebut.

"Jadi sekali gesek itu ada bayar issuer ke yang keluarin kartu, ke yang punya mesin, dan ada lagi untuk yang macam marchant diskon. Kalau kita kenakan, tidak terkena marchant diskon itu. Kalau debet card BCA tidak bayar apa-apa ke merchant cuman pindah rekening saja mereka," jelas dia.

Sebelumnya, Himbara resmi memiliki perusahaan switching melalui PT JPN. Proses perizinan principal JPN untuk melayani nasabah empat bank BUMN bahkan telah mendapatkan izin dari Bank Indonesia (BI) selaku regulator di sistem pembayaran.

Dengan adanya izin tersebut maka JPN bisa melayani interkoneksi pada sistem pembayaran bank Himbara sehingga lebih efisien dari segi biaya yang dikeluarkan. Bukan hanya untuk penggunaan di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) tetapi juga bisa digunakan di EDC empat bank tersebut.

 


(ABD)