BI Imbau Masyarakat Menukar Uang Baru di Bank

Juven Martua Sitompul    •    Kamis, 15 Jun 2017 15:39 WIB
uang
BI Imbau Masyarakat Menukar Uang Baru di Bank
Seorang warga memperlihatkan uang yang baru ditukarkan di loket mobil kas keliling milik Bank Indonesia, di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (6/6/2017). Antara Foto/R. Rekotomo

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) mengimbau masyarakat menukar uang rupiah lama dengan emisi baru di bank. Hal itu untuk menghindari penyebaran uang palsu di tengah masyarakat.

"Itu tentunya uang pasti asli karena ada proses di bank untuk memastikan keaslian uang. Kedua tidak dipungut biaya," kata Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI Suhaedi di kantor MetroTV, Kedoya, Jakarta Barat, Kamis 15 Juni 2017.

Di sisi lain, Suhaedi juga berharap masyarakat lebih sering menggunakan transaksi nontunai ketimbang tunai. Alasannya, transaksi nontunai bisa meminimalisir kasus pencurian dan perampokan.

"Ini akan mengurangi risiko kehilangan, pencurian, dan hal-hal yang tidak kita inginkan," ujar dia.

Senada dengan Suhaedi, Direktur Operasional Bank Mandiri Ogi Prastomiyomo juga meminta masyarakat lebih banyak menggunakan transaksi nontunai. Banyaknya perampokan dan pencurian menjadi perhatian khusus pihak bank.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk lebih banyak menggunakan transaksi non tunai. Yang tunai seperlunya aja," ucap Ogi.

Kendati begitu, diakui Ogi, penggunaan transaksi nontunai tidak serta merta membuat keamanan lebih terjamin. Menurutnya, masyarakat harus tetap waspada saat melakukan transaksi nontunai.

"Untuk nontunai kami imbau lebih berhati-hati dengan modus penipuan. Terutama penipuan yang sifatnya technical hacker, pura-pura sebagai petugas bank meminta password atau pin," pungkas Ogi.


(TRK)

TNI Gagalkan Penyelundupan 24 Ton Garam Ilegal

TNI Gagalkan Penyelundupan 24 Ton Garam Ilegal

13 hours Ago

Aparat TNI AL Wilayah Dumai, Riau, menangkap sebuah kapal motor kayu yang diduga mengangkut 24 …

BERITA LAINNYA