Masyarakat Mulai Beralih ke Belanja Online

Dian Ihsan Siregar    •    Sabtu, 12 Aug 2017 21:30 WIB
e-commercedaya beli masyarakat
Masyarakat Mulai Beralih ke Belanja <i>Online</i>
Ilustrasi. (FOTO: ANTARA/Ismar Patrizki)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto tak memungkiri jika telah terjadi pergeseran model gelontoran belanja masyarakat dari transaksi konvensional ke nonkonvensional atau online. Hal itu yang membuat banyak orang berpandangan, jika daya beli masyarakat saat ini sedang mengalami penurunan.

"Namun, bahwa pergeseran konsumsi hanya terjadi di kalangan masyarakat menengah ke atas," kata Suhariyanto, ditemui dalam acara Forum Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Sabtu 12 Agustus 2017.‎

Selain pergeseran itu, BPS memandang kalangan menengah ke atas saat ini masih menahan konsumsinya, karena mempertimbangkan berbagai aspek. Meskipun transaksi debit mengalami pertumbuhan, tapi total dana pihak ketiga di perbankan saat ini cukup tinggi.

E‎konom Faisal Basri menambahkan, tidak ada kejadian luar biasa yang menyebabkan daya beli masyarakat secara keseluruhan tiba-tiba merosot.

Dia mengakui, jika kenaikan konsumsi masyarakat sedikit melambat menjadi di bawah lima persen atau persisnya 4,93 persen pada kuartal I-2017, tetapi jauh dari merosot atau turun sebagaimana banyak diberitakan belakangan ini.

"Dalam lima tahun terakhir, pertumbuhan riil konsumsi masyarakat (private consumption) mencapai rata-rata lima persen. Pertumbuhan nominal konsumsi masyarakat pada kuartal I-2017 masih 8,6 persen. J‎adi, baik secara nominal maupun riil, konsumsi masyarakat masih naik," jelas Faisal.

Faisal menambahkan, rilis data Produk Domestik Bruto (PDB) terbaru oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada 7 Agustus 2017 lalu dipastikan memperkuat kesimpulan tidak terjadi kemerosotan daya beli atau konsumsi masyarakat. "D‎ata resmi BPS menyimpulkan secara keseluruhan konsumsi masyarakat secara riil (sudah memperhitungkan kenaikan harga) naik cukup stabil di atas sekitar lima persen," tutup Faisal.

 


(AHL)