MRT Rampungkan Pedestrian Sudirman-Thamrin Akhir Juli

Desi Angriani    •    Jumat, 06 Jul 2018 19:58 WIB
proyek mrt
MRT Rampungkan Pedestrian Sudirman-Thamrin Akhir Juli
Direktur Operasi dan Pemeliharaan MRT Jakarta Agung Wicaksono. (FOTO: Medcom.id/Desi)

Jakarta: PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta mempercepat penyelesaian jalur pedestrian di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin sebelum Asian Games 2018 berlangsung. Jalur pejalan kaki selebar tiga meter itu ditargetkan rampung akhir Juli nanti.

Direktur Operasi dan Pemeliharaan MRT Jakarta Agung Wicaksono mengatakan pihaknya tengah membenahi Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin yang terdampak proyek kereta cepat MRT.

"Nantinya ditargetkan di akhir Juli itu di area Bundaran HI baik sisi barat dan timur, dua-duanya sudah rapi," katanya kepada Medcom.id ditemui di sela-sela kunjungannya ke Media Group, Kedoya, Jakarta, Jumat, 6 Juli 2018.

Agung mengungkapkan, saat ini sisi Timur jalur pedestrian di kawasan Senayan sudah tertata rapi. Sementara bagian barat masih dalam proses penataan termasuk di kawasan Sudirman-Thamrin. Untuk jalur pedestrian di kawasan SCBD akan ditutup menggunakan Banner Asian Games lantaran masih dalam pembangunan proyek fase 1.



"Semuanya sama hanya saja sebagian dalam bentuk pedestrian, yang belum selesai akan ditutup banner Asian games," imbuh dia.

Menurutnya MRT hanya bertanggung jawab membangun pedestrian di sejumlah stasiun yang akan dioperasikan pada Maret 2019. Sementara jalur pedestrian yang berada di antara stasiun-stasiun MRT akan dibenahi oleh Bina Marga di bawah koordinasi Pemprov DKI Jakarta.

"Tanggung jawab MRT hanya pedestrian di stasiun kemudian kami di bawah koordinasi  pemprov DKI lewat Bina Marga yang melakukan pekerjaan pedestrian lewat stasiun-stasiunnya," tambah Agung.

Adapun anggaran pembenahan jalan maupun pembangunan pedestrian sudah termasuk dalam total anggaran proyek MRT Jakarta secara keseluruhan. Namun, Bina Marga menggunakan anggaran yang diambil dari skema kompensasi atas pembangunan bangunan lain, seperti pembangunan Simpang Susun Semanggi.

"Saya enggak pegang detil anggaran jadi memang yang pedestrian MRT itu sudah masuk total anggaran proyek jadi tidak ada anggaran baru," pungkasnya.

 


(AHL)