Operasional Perbankan Masih Buka di Libur Lebaran

Eko Nordiansyah    •    Sabtu, 09 Jun 2018 07:41 WIB
bank mandiriperbankanbcabriMudik Lebaran 2018
Operasional Perbankan Masih Buka di Libur Lebaran
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Jakarta: Libur cuti bersama akan mulai berlangsung pada Senin, 11 Juni sampai dengan Rabu, 20 Juni mendatang. Bagi masyarakat yang membutuhkan layanan perbankan tak perlu khawatir, karena beberapa bank masih membuka layanannya secara terbatas di tanggal berikut.

PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) atau Bank Mandiri, misalnya, masih akan membuka layanan operasional 323 kantor cabang di seluruh Indonesia. Seluruh kantor cabang itu akan buka selama 15 hari terhitung sejak 11 Juni sampai 26 Juni 2018 dan hanya tutup di hari pertama Lebaran.

"Layanan mesin ATM dan EDC kita tetap bisa digunakan untuk mempermudah nasabah. Ada 17.000 ATM dan 250.000 mesin EDC milik Bank Mandiri," kata Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas, di Jakarta, Jumat, 8 Juni 2018.

Sementara itu, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) atau BRI mencatat sebanyak 229 unit kerja tetap akan beroperasi pada saat cuti bersama. Bahkan, Direktur Utama BRI Suprajarto memastikan seluruh unit kerja BRI sudah beroperasi secara normal pada H+2 setelah Lebaran.

Adapun PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) atau BNI akan membuka operasional pada 205 kantor cabang secara terbatas ditambah delapan outlet digital BNI. Selain itu, 70 outlet BNI akan buka terbatas pada 11 sampai 14 Juni untuk melayani pembukaan rekening, penarikan uang, dan menerima transaksi BBM Pertamina.

"Pada 20 Juni 2018, sebanyak 205 outlet sudah dapat memberikan layanan kliring. BNI juga menyiapkan 42 outlet mobile di 56 titik rest area, 87.000 agen Laku Pandai serta layanan contact center selama 24 jam," kata Direktur Utama BNI Achmad Baiquni.

Bank besar lainnya, yakni PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) atau BCA mengumumkan operasional cabang tidak beroperasi pada 9 dan 10 Juni kecuali weekend banking yang tetap buka. Namun BCA tetap akan buka terbatas di 104 cabang seluruh Indonesia pada 11 dan 12 Juni 2018.

Sekretaris Perusahaan BCA Jan Hendra menyebut seluruh cabang tidak beroperasi pada 13 sampai 18 Juni dan baru kembali beroperasi normal pada 21 Juni mendatang. Hanya saja pada 19 dan 20 Juni BCA masih membuka operasional terbatas di 131 cabang.

"Seluruh e-channel tetap beroperasi. Call center HaloBCA juga beroperasi. Khusus untuk transaksi RTGS, SKNBI tidak beroperasi pada tanggal 11 dan 12 Juni karena BI tidak beroperasi pada tanggal itu," kata dia.

 


(ABD)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

1 day Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA