Bank Syariah Perlu Didorong Majukan Ekonomi Indonesia

   •    Kamis, 12 Apr 2018 11:04 WIB
perbankan syariahbank muamalat
Bank Syariah Perlu Didorong Majukan Ekonomi Indonesia
Anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun (MI/ATET DWI PRAMADIA)

Jakarta: Sejumlah bank syariah yang terdapat di Tanah Air perlu didorong agar lebih optimal dalam berkontribusi memajukan pertumbuhan ekonomi nasional. Hal itu sejalan dengan masih besarnya peluang yang dimiliki bank syariah untuk terus tumbuh lebih maksimal di masa mendatang.

"Ini perlu didorong, karena sistem syariah bukan untuk orang Islam saja. Semua bisa melakukan," kata anggota Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Misbakhun, seperti dikutip dari Antara, di Jakarta, Kamis, 12 April 2018.

Ia meyakini persoalan yang menimpa bank syariah seperti Muamalat sebenarnya dapat diatasi karena tidak ada masalah terkait likuiditasnya. Untuk itu, ujar dia, pihaknya mendorong lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat membuat kebijakan guna membuka peluang bank itu bisa lebih besar posisinya daripada saat ini.

Sebelumnya, Ketua Umum Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Ahmad Satori Ismail menyatakan, penerapan sistem ekonomi dan perbankan syariah berpotensi menjadi lokomotif perekonomian Indonesia. "Apalagi saat ini untuk bisnis perbankan sudah sangat menjanjikan bahkan bank tidak kolaps jika bersyariah," kata Ahmad.

Pernyataan Ahmad menanggapi Kepala Staf Presiden Jenderal TNI (Purn) Moeldoko yang menjadi Wakil Ketua Pembina Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) yang berhasrat memajukan ekonomi syariah sebagai kekuatan ekonomi baru.

Ahmad mengungkapkan sejumlah pengelola bisnis perbankan maupun bank mulai menerapkan sistem ekonomi syariah. Perkembangan sistem ekonomi syariah, menurut Ahmad, mulai 1990-an dengan pergerakan menuju arah positif.

"Apalagi jika MUI terus menggelorakan, seperti wisata syariah, asuransi syariah, dan pasar modal syariah maka diharapkan akan terus berkembang," pungkas Ahmad.

 


(ABD)