BI: Inklusi Keuangan Bantu Pengentasan Kemiskinan

   •    Rabu, 30 Nov 2016 12:54 WIB
kemiskinanbank indonesiainklusi keuangan
BI: Inklusi Keuangan Bantu Pengentasan Kemiskinan
Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Nusa Dua: Bank Indonesia (BI) menegaskan inklusi keuangan dapat bermanfaat untuk mendukung program pengentasan kemiskinan dan mengurangi potensi kesenjangan ekonomi. Hal itu tentu menjadi penting karena berkaita erat dengan memacu perekonomian Indonesia lebih maksimal di masa mendatang.

"Inklusi keuangan merupakan komponen penting untuk mendukung pengembangan ekonomi, mengatasi masalah kemiskinan dan menurunkan tingkat kesenjangan antarwilayah," kata Deputi Gubernur BI Ronald Waas, seperti dikutip dari Antara, di Bali, Rabu (30/11/2016).

Ronald menjelaskan sistem inklusi keuangan yang baik bisa memberikan aktivitas ekonomi bagi masyarakat yang selama ini tidak tersentuh langsung dengan sistem perbankan, sehingga dampaknya bisa mengatasi masalah kemiskinan dan kesenjangan.

Baca: BI Harap Penyaluran KUR Dikawal Peningkatan Kapasitas

"Melalui inklusi keuangan, kemampuan masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi makin meningkat, sehingga diharapkan ini bisa menyelesaikan persoalan kemiskinan dan menurunkan tingkat kesenjangan," ujarnya.

Bagi sektor perbankan, lanjutnya, inklusi keuangan bermanfaat untuk mendorong efisiensi fungsi intermediasi yang berdampak pada peningkatan jumlah tabungan, penyaluran kredit, serta penurunan biaya operasional, yang bisa mendukung stabilitas sistem finansial dan pengembangan ekonomi.

Baca: Langkah BI Dorong UMKM Dinilai Tepat Gerakan Perekonomian

"Namun, tujuan inklusi keuangan untuk menyejahterakan masyarakat masih menghadapi sejumlah tantangan maupun risiko yang bisa menghambat dan secara tidak langsung bisa mengganggu stabilitas sistem keuangan," pungkasnya.

 


(ABD)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

5 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA