Hingga 2017 Kemendag Revitalisasi dan Bangun 2.715 Unit Pasar

Monica Felicitas Gracia V    •    Rabu, 31 Jan 2018 18:21 WIB
pasar
Hingga 2017 Kemendag Revitalisasi dan Bangun 2.715 Unit Pasar
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Medcom/Annisa Ayu.

Jakarta: Kementerian Perdagangan RI tercatat telah melakukan revitalisasi dan pembangunan pasar sebanyak 2.715 pasar hingga akhir 2017.  Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita mengatakan, pemerintah menargetkan akan siap menuntaskan 2.285 pasar sisanya, hingga 2019.

Meski banyaknya pengajuan pembangunan pasar rakyat kepada Kementerian Perdagangan, namun Enggar menambahkan, tidak semua pengajuan bisa terealisasikan. Dirinya mengatakan, lebih memprioritaskan pembangunan pasar yang dekat dengan masyarakat dan dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi daerah.

"Harus dekat dengan kebutuhan masyarakat. Beberapa evaluasi akan kami bicarakan dalam rakor hari ini. Yang lebih diutamakan bukan pendekatan proyek, tetapi hasil," kata Enggar dalam preskon Raker Kemendag 2018 di Hotel Borobudur Jakarta, Rabu, 31 Januari 2018.

Kemendag menargetkan pada 2018, pembangunan dan revitalisasi pasar dapat ditingkatkan melalui pemanfaatan teknologi digital. Beberapa terobosan yang dapat dilakukan adalah peningkatan kualitas manajemen pengelolaan pasar rakyat melalui pemanfaatan teknologi digital.

"Hal tersebut dilakukan untuk mengelola data perdagangan, harga dan stok hingga pertukaran informasi antar pasar rakyar," imbuh Enggar.


(SAW)