Pembatasan Truk di Tol Merugikan Pengusaha

Rizkie Fauzian    •    Rabu, 07 Mar 2018 19:30 WIB
lalu lintasjalan tol
Pembatasan Truk di Tol Merugikan Pengusaha
Ilustrasi. (FOTO: ANTARA/Aditya)

Jakarta: Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) membatasi waktu akses bagi angkutan barang atau truk yang masuk melalui tol Bekasi Barat dan Timur.

Sekretaris Umum BPD Gapensi Erwin Princen Sihite mengatakan kebijakan tersebut akan merugikan pengusaha. Ditambah lagi, adanya penerapan ganjil-genap yang semakin memberatkan.

"Kebijakan ini tentu merugikan, kalau ada order barang misalnya, terus karena aturan ganjil-genap mobil kita tidak bisa keluar. Peraturan itu tentu akan merugikan secara waktu, pengiriman juga bisa delay," ujar Sihite kepada Medcom.id, di Jakarta, Rabu, 7 Maret 2018.

Baca: Angkutan Barang Dibatasi Masuk Tol

Menurutnya, para pengusaha melalui Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) sudah meminta dispensasi. Selama ini pemberian dispensasi hanya diberlakukan bagi kendaraan yang mengangkut sembako saja.

"Kita minta dispensasi buat angkutan konstruksi juga, karena selama ini kan pabrik bahan bangunan itu paling banyak di Cikarang. Kita nanti akan sampaikan dahulu sebelum keputusan tersebut," jelasnya.

Adapun kebijakan ini akan diberlakukan pada 12 Maret 2018. Penertiban angkutan barang dan kendaraan pribadi ini berlaku mulai pukul 06.00 sampai 09.00 WIB dari arah Cikampek maupun Jakarta. Angkutan  barang golongan III sampai V diarahkan ke jalur alternatif alteri.


(AHL)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

4 hours Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA