Atasi Serbuan TKA, Komisi IX Rekomendasikan Pemerintah Tinjau Ulang Kebijakan Bebas Visa

Anggitondi Martaon    •    Senin, 19 Sep 2016 20:16 WIB
berita dpr
Atasi Serbuan TKA, Komisi IX Rekomendasikan Pemerintah Tinjau Ulang Kebijakan Bebas Visa
Tenaga Kerja Asing Tiongkok. Foto: Antara/ Jessica Wuysang

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi IX DPR RI meminta pemerintah untuk meninjau kembali kebijakan bebas visa terhadap beberapa negara. Sebab, akan rawan disalahgunakan oleh WNA yang ingin bekerja di Indonesia atau Tenaga Kerja Asing (TKA).

"Beberapa diskusi kami di Komisi IX kami merekomendasikan kepada pemerintah bahwa bebas visa ditinjau kembali," kata ‎Anggota Komisi IX Jhon Kenedy Azis di Gedung Nusantara I Komplek Parlemen, Senayan, Senin (19/9/2016).

Politikus Golkar itu menyampaikan, polemik T‎KA sudah sangat mengkhawatirkan. Menurutnya, banyak prosedur yang dilanggar oleh TKA.

"Banyak juga orang asing itu tidak mematuhi 30 aturan, setelah habis masa visa di Indonesia tidak kembali lagi ke negeri asalnya," ‎ungkap dia.

Tidak hanya itu, ada beberapa prosedural yang dilanggar oleh TKA tersebut. Salah satunya mengenai kualifikasi TKA yang boleh bekerja di Indone‎nesia.

Anggota dewan dari Dapil Sumatera Barat II ‎menjelaskan, berdasarkan aturan yang berlaku, TKA yang boleh bekerja di Indonesia adalah ahli. Sehingga, bisa mentransfer ilmu dan tekhonologi kepada pihak Indonesia.‎

"Bahkan ada TKA bekersa sebagai pekerja kasar. Tidak ada dalam ketentuan yang ada bahwa TKA sifatnya ahli tekhnologi," kata dia.

Akibatnya, serbuan TKA yang tak sesuai prosedural itu tentunya akan berakibat pada jumlah lapangan pekerjaan bagi tenaga kerja lokal. Usaha pemerintah dianggap untuk mengurangi pengangguran tidak akan tercapai jika masalah TKA tidak bisa diatasi.


(ROS)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA