Harga Cabai Rawit di Bojonegoro Mulai Turun

   •    Minggu, 19 Mar 2017 11:35 WIB
harga cabai
Harga Cabai Rawit di Bojonegoro Mulai Turun
Illustrasi. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja.

Metrotvnews.com, Bojonegoro: Harga cabai rawit merah di  pasar tradisional di Kabupaten Bojonegoro mulai turun, dari harga Rp100 ribu per kilogram (kg) pada pekan lalu, saat ini turun menjadi Rp80 ribu per kg.

"Harga cabai rawit merah cenderung turun sejak beberapa hari terakhir ini, karena sejumlah desa di Kecamatan Rengel dan Parengan, Tuban, mulai panen cabai rawit merah," kata seorang pedagang cabai di Pasar Kota, Bojonegoro Ny Muslikhah, di Bojonegoro dikutip dari Antara, Minggu 19 Maret 2017. 

Lebih lanjut, Ny Muslikhah mengatakan panen cabai rawit merah tidak hanya lokal di Tuban, tetapi juga di Kediri, sehingga jumlah pasokan cabai rawit merah di pasar setempat meningkat.

"Pasokan cabai rawit merah naik tiga kali lipat dibandingkan sebelumnya. Kondisi ini berpengaruh terhadap harga cabai rawit kering impor yang turun menjadi Rp50.000 per kilogram, padahal sebelumnya seharga Rp60.000 per kilogram," ucapnya.

Ia menyebutkan harga berbagai jenis cabai lainnya juga ikut turun antara Rp3.000-Rp10.000 per kilogram, karena di daerah penghasil Kediri, Magetan dan Malang, panen cabai meningkat.

Hal senada disampaikan pedagang cabai lainnya, Damin. mengatakan fluktuasi harga cabai juga bergantung dengan jumlah pasokan. 

"Harga cabai rawit merah masih bisa turun lagi kalau pasokan meningkat," kata Damin. 

Data di pasar setempat menyebutkan harga cabai rawit kuning seharga Rp30.000 per kg, lompong hijau Rp30.000 per kg, lompong merah Rp20.000 per kg, dan tampar merah Rp25.000 per kg.

"Meskipun harga cabai rawit merah turun, ya masih tinggi, sebab pada kondisi harga cabai rawit merah murah harganya cuma Rp4.000 per kg," kata seorang pedagang bakso di Bojonegoro Muh Sudjud.

Ia mengaku memiliki stok cabai rawit merah kering cukup banyak yang dibeli ketika masih murah dengan harga Rp4.000-Rp8.000 per kg.

"Selama harga mahal saya tidak pernah membeli cabai rawit merah karena memanfaatkan cabai rawit merah kering hasil olahan saya sendiri," ucapnya. 

Dalam membuat sambal, lanjut dia, cabai rawit merah yang dikeringkan itu dicampur dengan cabai rawit merah kuning dengan perbandingkan 1:2.

"Cabai rawit kering 1 kilogram, biasanya saya campur dengan cabai rawit putih 2 kilogram," ucapnya.



(SAW)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

13 hours Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA