Afghanistan Pasar Besar untuk Indonesia

Dheri Agriesta    •    Selasa, 18 Oct 2016 18:12 WIB
afghanistan
Afghanistan Pasar Besar untuk Indonesia
Suasana di Afghanistan. AFP/WAKIL KOHSAR (STR).

Metrotvnews.com, Jakarta: Duta Besar Afghanistan untuk Indonesia Roya Rahmani menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk menjajaki kemungkinan kerja sama antar negara. Rahmani mengatakan, Afghanistan selalu menjadi pasar paling besar untuk Indonesia di Asia.

"Afghanistan adalah pasar terbesar untuk Indonesia di Asia," kata Rahmani di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (18/10/2016).

Afghanistan merupakan sebuah negara yang tengah berbenah setelah perang antarsaudara yang sudah berlangsung selama beberapa tahun. Perekonomian Afghanistan pun terus tumbuh signifikan dari waktu ke waktu. Pada tahun ini, World Bank memprediksi perekonomian Afghanistan bisa tumbuh dua persen. 

Hal ini, kata dia, membuka kesempatan besar bagi Indonesia dan negara lain untuk berinvestasi dan menjalin kerja sama dengan Afghanistan. Selain itu, ada banyak pasar tradisional bagi masyarakat Indonesia.

"Ada pasar tradisional yang bagus untuk Indonesia dalam membangun perekonomian," jelas Rahmani.

Kerja sama dijalin tak hanya di bidang perdagangan dan ekonomi. Rahmani juga menyasar kerja sama di bidang pendidikan, wisata, dan budaya.

Rahmani menambahkan, pertukaran budaya membuat kedua negara menjadi semakin dekat. Pertukaran budaya dapat dilakukan dengan melakukan pertukaran masyarakat atau para ahli dari kedua negara.

"Kita akan melakukan pertukaran masyarakat seperti diplomat, wartawan, dan pebisnis. Ini adalah cara yang tepat untuk meningkatkan pengertian antara dua negara," pungkas dia.






(SAW)