Menteri Susi Siap Habisi Praktik Pungli

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 12 Oct 2016 19:00 WIB
pungli
Menteri Susi Siap Habisi Praktik Pungli
Menteri KKP Susi Pudjiastuti. MTVN/Eko N.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memastikan akan menindak tegas jika ada praktik pungutan liar (pungli) di kementerian tersebut. Bahkan, Menteri KKP Susi Pudjiastuti meminta siapapun langsung melapor jika menemukan pungli di kementerian yang dipimpinnya.

"Soal pungli, KKP tidak boleh ada yang pungli yang membuat birokrasi tambah panjang. (Kalau ada pungli) laporkan kepada saya," kata Susi di kantornya, Gedung Mina Bahari III, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Rabu (12/10/2016).

Menteri Susi juga mendorong para pengusaha agar tak segan untuk memulai bisnis di sektor kelautan dan perikanan. Pengusaha tak harus takut dengan pungli, karena Indonesia tengah berusaha melakukan transparansi.

"Sekarang musim transparansi. Kalau mau buka-bukaan, buka semuanya. Analisa dan evaluasi (anev) ini melibatkan semua pihak, seluruh menteri teknis terkait. Its a deep investigation," jelas Susi.

Dirinya menegaskan, penegakan hukum akan menjadi yang nomor satu untuk mendukung kompetisi bisnis yang sehat. Karena itu dirinya berkomiten memberantas para oknum yang terlibat pungli.

"Jadi dengan kepastian penegakan hukum, bisnis akan lebih transparan, kompetensi lebih sehat. Pungli kita babat habis. Indonesia ingin bertransformasi," tegas dia.


(SAW)