Bulog Sebut Harga Beras Tetap Stabil hingga Lebaran

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 18 Apr 2017 13:32 WIB
stok berasbulog
Bulog Sebut Harga Beras Tetap Stabil hingga Lebaran
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Rahmad)

Metrotvnews.com, Jakarta: Perum Bulog mengaku harga beras tidak akan mengalami lonjakan hingga perayaan hari raya Idul Fitri 1428 H. Sebab, ketersediaan beras yang ada di gudang masih sangat melimpah lantaran mencapai 2 juta ton.

Dengan kondisi ini, diharapkan masyarakat tidak resah atau khawatir dengan adanya isu kelangkaan. Pasalnya, pemerintah melalui Bulog telah mengamankan ketersediaan beras hingga perayaan Lebaran nanti yang jatuh di akhir Juni 2017.

"Beras masih ada 2 juta ton, aman sampai Lebaran. Ada barangnya, harganya stabil," ungkap Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti, ditemui dalam acara 'Ulang Tahun ke-19 Kementerian BUMN', di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Selasa 18 April 2017.

Sementara itu, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman pernah mengakui bahwa dirinya menjamin harga beras aman menjelang Ramadan dan Lebaran 2017. Pasalnya, stok Bulog untuk wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah melimpah.

"Insya Allah hitungan kami masuk Lebaran 2,5 juta ton stok di gudang. Kalau stok ini kita jaga harga tidak akan mungkin naik," ujar Amran, belum lama ini saat meninjau harga bahan pokok di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur.

Amran menuturkan, stok beras di DKI Jakarta mencapai 34.000 ton. Sementara 50 gudang Bulog di Jawa Tengah dan Jawa Timur juga terisi penuh. Dengan demikian, Amran yakin harga beras tak akan naik. "Gudang di Jakarta penuh, Jawa Barat dan Jawa Tengah 40-50 gudang, berasnya disimpan dilorong-lorong, penuh," tutur Amran.

 


(ABD)