BI: Meski Lemah, Keyakinan Konsumen dalam Level Optimistis

Ade Hapsari Lestarini    •    Rabu, 12 Jul 2017 10:35 WIB
bank indonesia
BI: Meski Lemah, Keyakinan Konsumen dalam Level Optimistis
Ilustrasi Bank Indonesia. (FOTO: MI/Usman Iskandar)

Metrotvnews.com, Jakarta: Survei Bank Indonesia (BI) mengindikasikan bahwa tingkat keyakinan konsumen pada Juni 2017 tetap dalam level optimistis, meskipun melemah dibandingkan bulan sebelumnya.

Mengutip laman BI, Rabu 12 Juli 2017, hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Juni 2017 yang tetap tinggi sebesar 122,4 atau turun 3,5 poin dari Mei 2017.

Hasil survei mengindikasikan bahwa penghasilan saat ini membaik didorong oleh penerimaan Tunjangan Hari Raya (THR) dan meningkatnya pendapatan usaha.


Sumber: Bank Indonesia

Namun persepsi konsumen terhadap terbatasnya ketersediaan lapangan kerja, baik pada saat ini maupun dalam 6 bulan mendatang menyebabkan IKK pada bulan ini mengalami penurunan.

Sementara itu, tekanan kenaikan harga pada tiga bulan mendatang diperkirakan juga menurun, terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) tiga bulan yang lebih rendah 13,1 poin dibanding survei bulan sebelumnya menjadi 163,9.


Sumber: Bank Indonesia

Namun, tekanan kenaikan harga pada enam bulan mendatang diperkirakan sedikit meningkat sebagaimana terindikasi dari indeks yang naik 1,0 poin dari bulan sebelumnya menjadi 167,5.

Sejalan dengan perbaikan penghasilan konsumen saat ini, porsi pendapatan yang digunakan untuk konsumsi juga meningkat pada Juni 2017. Hasil survei juga mengindikasikan ekspektasi jumlah tabungan dalam 6 bulan mendatang tetap tumbuh stabil, meski indeks yang dihasilkan tidak setinggi periode survei bulan sebelumnya.

 


(AHL)