Singapura Tawarkan Tim Galang Dana Infrastruktur ke Indonesia

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 13 Jul 2017 09:49 WIB
infrastrukturindonesia-singapura
Singapura Tawarkan Tim Galang Dana Infrastruktur ke Indonesia
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Singapura menawarkan Indonesia untuk menggunakan infrastructure hub tim milik mereka.

Tawaran tersebut diutarakan Menteri Negara Senior Singapura bidang Hukum dan Keuangan Indranee Rajah ketika bertemu secara khusus dengan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati (Ani) usai acara International Tax Conference, Rabu 12 Juli 2017.

Ani mengatakan tim tersebut merupakan unit yang dibuat untuk menggalang atau mengumpulkan pendanaan yang digunakan guna membiayai proyek-proyek infrastruktur yang dikerjakan.

"Singapura menawarkan, mereka memiliki infrastructure hub team yang dibuat untuk menempatkan Singapura sebagai suatu lokasi yang menarik banyak perbankan atau funding international yang kemudian bisa dicocokkan dengan proyek infrastruktur," kata Ani di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta Selatan.




Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan tawaran yang diberikan Singapura pada Indonesia dikarenakan negara tersebut melihat bahwa Indonesia memiliki banyak proyek infrastruktur yang membutuhkan banyak biaya.

Tercermin dari rancangan pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2014-2019 untuk membangun infrastruktur butuh biaya setidaknya Rp4.800 triliun. Namun, pemerintah mengakui anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) hanya mampu danai sekitar 40 persen dari kebutuhan.

"Maka mereka menawarkan apakah bisa menggunakan infrastructure hub-nya dari sisi financing," ujar dia.

Lebih jauh Ani menambahkan dirinya sangat terbuka mengenai tawaran tersebut dan akan menindaklanjuti dengan mendiskusikan lebih jauh.


(AHL)