OJK Ingin BPR Manfaatkan Teknologi

Eko Nordiansyah    •    Senin, 10 Jul 2017 14:11 WIB
ojk
OJK Ingin BPR Manfaatkan Teknologi
Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad. ANT/M Agung Rajasa.

Metrotvnews.com, Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menginginkan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) bisa memanfaatkan perkembangan teknologi. Saat ini industri jasa keuangan memang diharuskan bisa merespon teknologi sebagai upaya meningkatkan kegiatan usahanya.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad mendorong Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) bisa mendekatkan BPR dengan teknologi. Namun, Muliaman mengakui jika dana yang dibutuhkan untuk menggunakan teknologi cukup besar.

"Memang bukan sesuatu yang murah tapi pasti bersama-sama pasti bisa. Saya lihat BPR ini seperti PT Pos yang dilirik banyak bank karena jaringannya," kata Muliaman di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Senin 10 Juli 2017.

Dirinya menambahkan, dengan memanfaatkan teknologi BPR bisa semakin bersatu. Dengan begitu diharapkan upaya untuk memperkuat produk maupun layanan BPR bisa tercapai.

"Kalau BPR bersatu jaringannya banyak di seluruh Indonesia. Katakan lah kami adalah part of network, akan jadi gadis jelita. Tapi ini juga memerlukan kesiapan BPR untuk melakukannya," jelas dia.

Lebih lanjut, Muliaman berharap jika rebranding yang dilakukan oleh BPR dapat menciptakan networking yang besar. Pada akhirnya BPR diharapkan bisa ikut andil dalam program pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan dan sebagainya.

"Ada 1.621 BPR dengan variasi yang luar biasa jomplangnya. Ada yang besar banget dari bank umum, ada yang di bawah Rp15 miliar modalnya. 80 persen BPR-BPR kecil sehingga upaya untuk terus perkuat permodalan BPR tidak boleh berhenti," pungkasnya.


(SAW)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

3 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA