Menteri BUMN Pantau Langsung Pemulihan Satelit Telkom 1

Dian Ihsan Siregar    •    Kamis, 31 Aug 2017 17:22 WIB
telkomgangguan atm
Menteri BUMN Pantau Langsung Pemulihan Satelit Telkom 1
Menteri BUMN RI Rini Soemarno (Foto: Metrotvnews.com/Pelangi Karismakristi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri BUMN Rini M. Soemarno mengunjungi Crisis Center Grup Telkom untuk memantau langsung perkembangan pemulihan layanan Satelit Telkom 1 di Telkom Integrated Operation Center (TIOC), Graha Merah Putih, Jakarta.

Kunjungan Menteri BUMN kali ini dimaksudkan memberikan semangat kepada seluruh personil Grup Telkom yang tengah fokus bekerja memulihkan layanan satelit Telkom 1 yang dipimpin langsung oleh Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) Alex J. Sinaga.

"Saya memberikan dukungan moril melalui video conference dengan para petugas yang sedang menyelesaikan proses pemulihan di beberapa lokasi di Indonesia di antaranya Stasiun Pengendali Utama (SPU) Cibinong dan beberapa Kantor Telkom Regional," kata Rini dalam keterangannya kepada media, Kamis 31 Agustus 2017.

Alex menambahkan, manajemen Grup Telkom mengapresiasi Menteri BUMN yang berkenan hadir untuk memberikan dukungan moril, guna meningkatkan kepercayaan diri dan semangat seluruh karyawan demi percepatan penyelesaian gangguan.

"Kami (Telkom) mengajak masyarakat untuk turut mendoakan demi kelancaran dan kemudahan hingga proses selesai. Terima kasih atas dukungan dan kepercayaan masyarakat selama ini yang tetap mempercayakan layanannya kepada Telkom," sebut Alex.

Hingga pagi tadi, Telkom terus melakukan percepatan proses pemulihan layanan secara maksimal melalui pengerahan segenap sumber daya dari TelkomGroup. Lebih dari 1.000 teknisi Telkom dari seluruh Indonesia terlibat dalam migrasi layanan dari Telkom 1 ke Telkom 2, Telkom 3S dan satelit lainnya.

Sesuai dengan target yang telah dicanangkan oleh manajemen TelkomGroup bahwa proses migrasi ini harus selesai pada 10 September 2017 segenap personil fokus bekerja selam 7x24 jam di bawah komando crisis center.

Dengan rampungnya penyediaan transponder pengganti pekerjaan pemulihan layanan fokus pada repointing antena ground segment di titik pelanggan. Perseroan mencatat sebanyak 4.647 site pelanggan termasuk di dalamnya 4.132 site VSAT telah selesai dimigrasikan dan beroperasi normal. Namun demikian, kerja keras masih terus dibutuhkan untuk sesegera mungkin untuk memulihkan layanan hingga 15.000 site lainnya. Saat ini, kecepatan pemulihan site telah mencapai 1.200 per hari.

 


(AHL)