Aksi Mogok Kerja JICT, Arus Bongkar Muat Diklaim Tetap Lancar

Annisa ayu artanti    •    Minggu, 06 Aug 2017 16:41 WIB
ka-jict
Aksi Mogok Kerja JICT, Arus Bongkar Muat Diklaim Tetap Lancar
Illustrasi. ANT/Wahyu Putro.

Metrotvnews.com, Jakarta: PT  Jakarta Intenational Container Terminal (JICT) menyatakan meskipun terjadi pemogokan sejumlah karyawannya sejak Kamis, 3 Agustus 2017 lalu tidak mengganggu jalannya bongkar muat.

Wakil Direktur Utama, Riza Erivan mengatakan, proses bongkar muat di Tanjung Priok tetap berjalan lancar. Hal itu dikarenakan pihak JICT sudah menyiapkan berbagai kondisi ketika ada kendala dalam setiap proses bongkar muat.

"Kami tegaskan, aktivitas bongkar muat dan kelancaran arus barang tetap lancar optimal. Ini sesuai dengan antisipasi yang kami lakukan," kata Riza saat konferensi pers di Jakarta, Minggu 6 Agustus 2017.



Riza menjelaskan, kegiatan bongkar muat yang biasa dilakukan di JICT telah dialihkan ke terminal lain seperti New Priok Container Terminal One (NPCT1), Terminal 3 Pelabuhan Tanjung Priok, dan Terminal Musti Alam Lestari.

Selain itu, agar arus bongkar muat lancar dan pelayanan tidak bermasalah, mulai hari Minggu 6 Agustus 2017 seluruh dermaga utara sepanjang 720 meter telah dioperasikan oleh TPK Koja. Langkah ini sebagai lanjutan dari kerja sama PT JICT dan TPK Koja untuk mengoperasikan dermaga utara JICT.

"Khusus koja kami business to business. Agar TPK Koja bisa mengoperasikan seluruh dermaga utara kami seluas 720 meter. Dengan adanya pengalihan ini work lock sedikit berkurang sehingga melancarkan arus barang di Tanjung Priok," jelas dia.

Riza juga meminta maaf atas ketidaknyamanan proses bongkar muat selama aksi mogok oleh serikat pekerja dilakukan.

"Kami mohon maaf sebesar besarnya dan sekaligus berterima kasih dengan pelanggan disisi laut pelayaran dan asosiasinya, di sisi darat eksportir dan asosiasinya," pungkas dia.




(SAW)