Bulog Kirim Beras 2.000 Ton ke Sulut

   •    Sabtu, 16 Sep 2017 13:13 WIB
berasbulog
Bulog Kirim Beras 2.000 Ton ke Sulut
Ilustrasi. (FOTO: ANTARA/Ahmad)

Metrotvnews.com, Palu: Perum Bulog Sulawesi Tengah telah merealisasikan pengiriman beras sebanyak 2.000 ton ke Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Ya beras sebanyak itu sudah seluruhnya dikirim ke Manado," kata Kepala Perum Bulog melalui Kabid Pengadaan dan OPP, Bahar Haruna di Palu, seperti dikutip dari Antara, Sabtu 16 September 2017.

Ia mengatakan langkah tersebut merupakan beberhasilan Bulog Sulteng karena bisa menyerap produksi petani dalam jumlah besar. Pada 2017 ini, Bulog Sulteng memang telah bertekad menjadi Bulog mandiri dalam hal pengadaan beras untuk memenuhi kebutuhan penyaluran.

"Kita mulai tahun ini memang sudah bertekad tidak lagi menerima beras pasokan dari daerah lainya," ujar dia.

Sebaliknya, kata Bahar, Bulog Sulteng justru mengirim beras keluar, karena produksi petani di daerah ini setiap tahunnya mengalami surplus.

Bulog Sulteng berusaha membeli beras petani dalam jumlah memadai selain untuk mengamankan stok, juga agar bisa membantu daerah lain yang selama ini masih defisit pengadaan.

Seperti Provinsi Sulut dan juga daerah tetangga lainnya yakni Gorontalo. Bulog Sulteng pada musim panen (MP) dari Januari sampai Desember 2017 menargetkan pembelian beras di provinsi ini sebanyak 42.160 ton.

Dan telah terealisasi hingga kini sudah sekitar 22 ribu ton. Ia optimistis pada tiga bulan ke depan ini, Bulog Sulteng bisa memenuhi target pengadaan yang telah ditetapkan itu.

Harga beras di tingkat petani saat ini rata-rata di atas Rp8.000 per kg. Sementara harga eceran beras di pasaran, termasuk di Kota Palu saat ini untuk medium berkisar Rp9.000 per kg dan beras premium diatas Rp11.000 per kg. Pemerintah pusat menetapkan HET beras medium di pasaran Rp9.450 per kg dan beras premium mencapai Rp11.800 per kg.


(AHL)