Indonesia Siap Ekspor Beras ke Oseania

   •    Kamis, 10 Aug 2017 10:49 WIB
berasekspor impor beras
Indonesia Siap Ekspor Beras ke Oseania
Ilustrasi beras. (Foto: MTVN/Desi Angriani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pertanian (Kementan) menyatakan siap melakukan kerja sama dalam bidang perdagangan ke sejumlah negara kecil di wilayah perairan Pasifik, yakni Samoa, Fiji dan Vanuatu.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman seusai menemui para menteri pertanian dari tiga negara Oseania tersebut.

Amran mengatakan para perwakilan dari tiga negara itu bersedia memenuhi kebutuhan beras dengan melakukan impor dari Indonesia. Dengan menawarkan harga yang relatif lebih murah, ia optimistis kerja sama tersebut dapat segera terealisasi dan berjalan baik.

Baca: Pemerintah Bidik Ekspor Beras ke 10 Negara

"Harga beras mereka di sana rata-rata Rp23 ribu atau hampir USD2 per kilogram (kg). Kita tawarkan USD1 saja per kg dan mereka bersedia," ujar Amran di Jakarta, Rabu 9 Agustus.

Kesepakatan awal itu menjadi poin penting untuk berbagai kerja sama lanjutan di bidang komoditas pertanian dengan tiga negara tersebut.

Sebabnya, Samoa, Fiji, dan Vanuatu merupakan negara tetangga terdekat yang memiliki potensi untuk menambah devisa. (Media Indonesia)

 


(AHL)