Likuiditas BTN dalam Kondisi Baik

Eko Nordiansyah    •    Sabtu, 12 Aug 2017 09:23 WIB
btn
Likuiditas BTN dalam Kondisi Baik
Direktur Utama BTN Maryono. (FOTO: MTVN/Annisa Ayu)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN mengaku likuiditas perseroan dalam kondisi yang baik. Hal ini tentunya akan berdampak positif untuk upaya BTN dalam meningkatkan pertumbuhan kredit tahun ini.

Direktur Utama BTN Maryono mengatakan, kondisi likuiditas tercermin dari pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar 18,26 persen sampai dengan semester I-2017. Selain itu Bank BTN juga baru menerbitkan obligasi senilai Rp5 triliun untuk memperkuat pendanaan.

"Kita juga melakukan sekuritisasi, kita juga banyak melakukan terobosan untuk (peningkatan) DPK khususnya dari korporasi baik BUMN maupun swasta," ujarnya dalam IPEX 2017, JCC, Senayan, Jakarta, Jumat 11 Agustus 2017.

Selain itu, strategi lain yang dilakukan Bank BTN untuk mengamankan dana murah adalah menjaga level suku bunga simpanan. Sejauh ini suku bunga simpanan masih mencukupi untuk menutup suku bunga kredit sehingga likuiditas tetap terjaga.

"Karena tabungan itu untuk melakukan transaksi sehingga kita yang peru diperbaiki adalah jumlah layanan pemilik tabungan. Ini yang akan kita lakukan, yang sudah dalam bentuk digital banking," jelas dia.

Untuk tahun ini, BTN menargetkan pertumbuhan DPK bisa mencapai 21 persen. Sedangkan hingga semester I-2017 komposisi simpanan Bank BTN terdiri dari giro naik 25,97 persen, tabungan naik 14,69 persen, dan deposito naik 16,16 persen.

"Dengan kondisi ini untuk semester II artinya bisa kita capai. Tetap kita konsentrasi antara tabungan dan giro, deposito enggak begitu. Makanya yang kita tingkatkan itu di tabungan dan giro," pungkasnya.

 


(AHL)