Butuh Kerja Keras untuk Menurunkan Level Kemiskinan RI

Suci Sedya Utami    •    Senin, 19 Sep 2016 15:45 WIB
kemiskinan
Butuh Kerja Keras untuk Menurunkan Level Kemiskinan RI
Kemiskinan ANTARA FOTO/Yusran Uccang.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan Indonesia masih menghadapi permasalahan kemiskinan yang cukup tinggi dibandingkan dengan negara berkembang lainnya. 

Hal tersebut disampaikannya saat pidato dalam acara seminar "Financial Market Deepening: The Way Forward for Indonesia" di Komplek Perkantoran Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Senin, 19 September 2016. 

Dirinya menyebutkan, meski populasi penduduk miskin sudah menurun dari 11,3 persen menjadi 10,9 persen pada tahun ini, angka tersebut masih terbilang tinggi karena masih berada pada level double digit atau di atas 10 persen.

"Level kemiskinan masih double digit, masih membutuhkan usaha untuk menurunkannya," kata Ani.

Menurut mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini, untuk menurunkannya bukanlah perkara yang mudah. Ia menilai, untuk menurunkan pada level di bawah 10 persen lebih sulit dibandingkan menurunkan kemiskinan ketika berada di level 20-19 persen ke 10 persen.

"10 persen itu disebut core poor (inti kemiskinan) yang membutuhkan banyak sekali usaha yang bukan hanya sekadar menggelontorkan uang. Sehingga saya akan lebih hati-hati meski Indonesia punya track record yang lebih baik untuk menurunkan kemiskinan," ujar dia.

Dia mengatakan kemiskinan disepakati turun 10,5 persen pada tahun depan. Dia mengatakan untuk mengurangi kemiskinan akan melanjutkan program sebelumnya antara lain penyediaan layanan publik dan penyaluran subsidi pangan yang lebih tepat sasaran.

"Akan diupayakan melalui perbaikan dan berkelanjutan program-program pengentasan kemiskinan yang telah dilaksanakan pada tahun sebelumnya seperti program penyediaan layanan publik, perluasan cakupan kepesertaan program jaminan sosial dan program keluarga harapan (PKH) serta penyempurnaan mekanisme subsidi pangan agar lebih tepat sasaran," jelas dia.


(SAW)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA