Impor, Cara Pemerintah Amankan Stok Pangan Natal dan Tahun Baru

Gervin Nathaniel Purba    •    Kamis, 07 Dec 2017 18:05 WIB
berita kementan
Impor, Cara Pemerintah Amankan Stok Pangan Natal dan Tahun Baru
Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Agung Hendriadi (Foto:Gervin Nathaniel Purba)

Jakarta: Ketersediaan stok pangan saat ini cukup untuk memenuhi kebutuhan Natal dan tahun baru. Salah satu cara yang dilakukan pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mengamankan stok pangan ialah dengan melakukan impor.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan Agung Hendriadi mengatakan komoditas yang harus dipenuhi melalui impor yaitu bawang putih, kedelai, daging sapi, dan daging kerbau. Sementara, stok beras aman.

"Secara umum semua aman. Ketersediaan pangan kita untuk Natal dan tahun baru aman," ujar Agung, usai melakukan rapat koordinasi bersama Satgas Pangan, Perum Bulog, dan KPPU di kantor pusat Kementan, Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis, 7 Desember 2017.

Direktur SDM dan Umum Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Febriyanto mengatakan, sebanyak 6 ribu ton impor daging kerbau asal India akan masuk sekitar seminggu lagi. Sedangkan, stok daging kerbau saat ini di gudang Bulog tercatat sebanyak 18 ribu ton.

"Januari 2018 sudah dapat izin untuk mengimpor daging kerbau 31 ribu ton. Diperkirakan stok daging kerbau akan aman sampai Idul Fitri," kata dia.

Sementara itu, stok beras di gudang Bulog tercatat 1,1 juta ton. Stok gula 413 ribu ton. Mengenai stok bawang merah dan putih diakui tidak cukup banyak, namun dia optimistis stok saat ini cukup untuk digelontorkan ketika operasi pasar.

"Secara umum harga stabil di samping bawang merah dan cabai keriting merah. Kita tentu jaga untuk harga beras, dan kami sudah melakukan operasi pasar. Kami jaga distribusi lancar ke masyarakat dan tetap berjuang menyalurkan sampai ke Indonesia tengah dan timur," ucapnya.

Berikut ini, daftar stok pangan yang tercatat di gudang Bulog berdasarkan data per 4 Desember 2017:
- Beras 1,1 juta ton
- Bawang merah 42 ton
- Bawang putih 300 ton
- Daging kerbau 18.528 ton
- Daging sapi 17 ton
- Gula 413.937 ton
- Jagung 29.596 ton
- Tepung 14 ton
- Minyak goreng 1.041 kilo liter


(ROS)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA