MES DKI Dorong Pengembangan Wisata Halal di Ibu Kota

Desi Angriani    •    Sabtu, 11 Nov 2017 11:12 WIB
wisata halal
MES DKI Dorong Pengembangan Wisata Halal di Ibu Kota
Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DKI Jakarta Reza Artha (memegang microphone). (FOTO: MTVN/Desi Angriani)

Jakarta: Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DKI Jakarta Reza Artha mendorong percepatan pengembangan wisata berbasis syariah di Ibu Kota. Dukungan tersebut menyusul penolakan permohonan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) griya pijat dan hotel yang diajukan PT Grand Ancol Hotel atau dikenal Alexis.

"Sejak Pemprov DKI untuk tidak memperpanjang izin hotel yang kita ketahui waktu itu kami sampaikan dukungan langkah untuk mengurangi aktivitas bisnis yang kurang sesuai norma kesusilaan, kami juga tak ingin ada pihak yang timbulkan masalah baru," katanya ditemui Metrotvnews.com di Hotel Sofyan Betawi, Menteng, Jakarta, Jumat 10 November 2017.

Menurutnya, potensi wisata halal dalam negeri begitu besar karena mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam. Terlebih tren tersebut juga terus berkembang seperti di Jepang, Korea dan Thailand. Label wisata halal diyakini mampu menggaet lebih banyak wisatawan dari Timur Tengah khususnya Arab.

"Makanya kita dorong halal tourism karena potensinya besar sekali," imbuh dia.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan program wisata syariah dapat mendorong pertumbuhan hotel syariah di Jakarta.  Ia memprediksi hotel syariah dapat tumbuh hingga 20 persen tahun mendatang.

"Saya akan sangat bahagia kalau bisa sampai 20 persen saja per tahun. Itu sudah luar biasa," imbuh dia.

Namun saat ini pihaknya baru mencatat kenaikan hotel syariah bintang tiga atau menengah ke bawah. Namun angka tersebut masih jauh dari target pemerintah.

"Data terakhir belum punya selama ini dari kelas menengah ke bawah atau hotel berbintang tiga ke bawah banyak bertumbuh ini kita tingkatkan lagi," tambah Sandi.

Sebelumnya, penyelenggaran FGD tersebut diinisiasi oleh MES DKI Jakarta Bidang I Halal Life Style diketuai oleh Kawendra Lukistian, serta Bidang IX Riset dan Pengembangan diketuai Safri Haliding. Dengan menghadirkan pembicara seperti Hafidz dari TIM P3H Kementerian Pariwisata RI, Kadis Pariwisata DKI Jakarta Tinia Budiarti, dan Ketua Umum MES DKI Jakarta Reza Arta.

Peserta FGD dengan tema "Halal Tourism in Jakarta" ini terdiri dari berbagai pelaku bisnis di bidang pariwisata dan traveler se-DKI Jakarta. Adapun penyelenggara kegiatan ini, terkait strategi dan formulasi bagaimana mengembangkan pariwisata halal serta pengembangan ekonomi syariah dan industri halal di DKI Jakarta.

 


(AHL)