Pemerintah Siap Ekspor 18 Ribu Ton Jagung ke Filipina

Gervin Nathaniel Purba    •    Senin, 12 Feb 2018 13:45 WIB
berita kementan
Pemerintah Siap Ekspor 18 Ribu Ton Jagung ke Filipina
(Foto:Antara/Destyan Sujarwoko)

Jakarta: Pemerintah berencana mengekspor jagung dari Provinsi Gorontalo ke Filipina pada Kamis, 15 Februari 2018. Pemerintah menargetkan sepanjang 2018, mengekspor 100 ribu ton jagung ke Filipina.

Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) Sumardjo Gatot Irianto mengatakan pemerintah akan mengekspor 18 ribu ton jagung pada Kamis ini dari target sebanyak 100 ribu ton. Ekspor jagung ke Filipina akan dilakukan secara bertahap.

"Infonya 18 ribu ton dari target 100 ribu ton," ujar Gatot melalui pesan singkat kepada Medcom.id, Senin, 12 Februari 2018.

Ia mengaku optimistis ekspor tersebut dapat mencapai target. Sebab, bulan ini produksi jagung sedang berlimpah dan harga jagung sedang mengalami penurunan.

Namun, ia masih belum bisa memastikan jadwal eskpor ke Filipina untuk tahap selanjutnya. "Prediksi kami terlampaui (sepanjang 2018 mencapai 100 ribu ton)," kata Gatot.

Rencana pemerintah untuk mengekspor jagung ke Filipina diungkapkan oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat memberikan orasi kebangsaan di gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada Sabtu, 10 Februari 2018. Ekspor ini sebagai tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman antara Kementan RI dengan Kementan Filipina.

"Doakan, Kamis (Kamis ini) kita kirim (ekspor jagung) ke Filipina," ucap Amran.


(ROS)