Pemerintah Siapkan 5 Sektor Menuju Industri 4.0

Desi Angriani    •    Jumat, 09 Feb 2018 10:08 WIB
revolusi industri
Pemerintah Siapkan 5 Sektor Menuju Industri 4.0
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. (FOTO: Antara/Akbar)

Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian tengah menyusun roadmap menuju revolusi industri keempat atau industri 4.0. Penyusunan kerangka industri yang terhubung dengan sistem internet ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional di masa mendatang.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meyakini penerapan revolusi industri keempat atau Industri 4.0 dapat mengakselerasi target dari visi Indonesia pada  2045. Sasarannya antara lain menjadi salah satu negara dengan pendapatan tinggi dan salah satu kontributor Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar di dunia.

"Kementerian Perindustrian sedang menyusun roadmap revolusi industri 4.0 agar Indonesia di 2045, pertumbuhan ekonominya sebesar 6,4 persen, nilai PDB per kapita USD28.934, dan peringkat keempat PDB dunia," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, 9 Februari 2018.




Airlangga menuturkan pihaknya telah menyiapkan lima sektor yang diprioritaskan dalam implementasi Industri 4.0, yaitu industri makanan dan minuman, tekstil dan pakaian jadi, otomotif, elektronik, serta kimia. Kelima sektor tersebut merupakan industri yang telah memiliki daya saing tinggi dan kompetitif di kancah global.

"Industri ini yang impact-nya tinggi, dan feasible juga, sehingga dijadikan lighthouse. Basis yang diperlukan adalah ada contoh, edukasi dan rescalling, serta standard security," tutur dia.

Menurutnya, pemerintah fokus dalam mengembangkan industri manufaktur karena sektor tersebut sebagai tulang punggung perekonomian dan membawa multiplier effect yang cukup besar. Di antaranya adalah peningkatan pada nilai tambah bahan baku dalam negeri, penyerapan tenaga kerja lokal, dan penerimaan devisa dari ekspor.

"Industri perlu memanfaatkan teknologi manufaktur terkini dalam upaya peningkatan produksinya. Selanjutnya aktif pula melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan guna menciptakan inovasi," tutupnya.

 


(AHL)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

1 day Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA