Potensi Besar Industri Produk Halal

Ilham wibowo    •    Selasa, 06 Nov 2018 16:18 WIB
unilever indonesiaproduk halal
Potensi Besar Industri Produk Halal
Unilever Indonesia meyakini industri halal kian tumbuh positif dan signifikan pada tahun mendatang. (FOTO: dok Unilever Indonesia)

Jakarta: PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) meyakini industri halal kian tumbuh positif dan signifikan pada tahun mendatang. Inovasi produk pun perlu terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup dan pertumbuhan populasi muslim di dunia.

Head of Marketing Refreshment Unilever Indonesia Amalia Sarah Santi mengatakan roduk bersertifikasi halal tidak hanya menjadi konsumsi masyarakat muslim tetapi juga telah menjadi konsumsi global penduduk dunia dengan tagline "Halal Food is Quality Food".

Kehalalan telah diposisikan oleh konsumen sebagai salah satu indikator utama dari makanan atau minuman yang berkualitas.

"Tahun ini Wall's meluncurkan begitu banyak inovasi produk baru sambil terus menjaga sistem jaminan halal seluruh produk kami dari hulu ke hilir. Semoga ini akan semakin memperkuat kepercayaan dan kesetiaan konsumen untuk mengonsumsi produk Wall's, yang seluruhnya telah mendapatkan jaminan halal dari LPPOM MUI," ungkapnya, melalui siaran pers tertulis, di Jakarta, Selasa, 6 November 2018.

Dia mengatakan produknya meraih penghargaan Halal Top Brand 2018 Kategori Es Krim di ajang Halal Award 2018 yang diberikan untuk produk Wall's memperkuat komitmen pengembangan kualitas produk.

Penghargaan kali keempat ini diraih dalam Indonesia International Halal Expo (Indhex) 2018 oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).

Program tahunan ini mendorong kemajuan ekonomi Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. Selain itu, inovasi produk juga ditujukan agar semakin mengambil peranan penting di tengah industri halal dunia.

"Wall's merupakan satu-satunya brand es krim di Indonesia yang mendapatkan penghargaan Halal Top Brand Award 2018," ujar Amalia melalui siaran pers tertulis, di Jakarta, Selasa, 6 November 2018.

Direktur LPPOM MUI Pusat sekaligus Ketua Pelaksana Indhex 2018 Lukmanul Hakim mengatakan penghargaan ini penting untuk dijadikan inspirasi dan percontohan bagi semua pihak, terutama bagi para pelaku industri.

Sertifikasi halal kini telah menjadi bagian dari competitive advantage dari sebuah brand sekaligus cara untuk memberikan customer satisfaction kepada para konsumen.

"Ini makin membuktikan bahwa posisi Wall's tetap tak tergantikan di benak konsumen. Penghargaan ini menjadi suatu pencapaian yang luar biasa mengingat kian gencarnya persaingan di pasar es krim," ungkapnya.

Penghargaan ini melibatkan deretan dewan juri berkompeten yaitu LPPOM MUI untuk mencermati sertifikasi halal yang dimiliki Perusahaan, MUI untuk menelaah karakter brand dari sisi gaya hidup syariah, hingga sebuah survei untuk konsumen.

LPPOM MUI juga telah melakukan survei khusus untuk mengukur komitmen perusahaan atau brand dalam melakukan promosi dan sosialisasi halal. Survei ini dilakukan di situs www.halalmui.org melibatkan 4.200 konsumen yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.


(AHL)