Dubai Tertarik Meniru Pesta Ekonomi Kreatif Indonesia

Wandi Yusuf    •    Rabu, 07 Nov 2018 15:27 WIB
World Conference on Creative Economy (WCCE)
Dubai Tertarik Meniru Pesta Ekonomi Kreatif Indonesia
Ketua Bekraf Triawan Munaf--Medcom.id/Wandi Yusuf.

Nusa Dua: Dubai, Uni Emirat Arab, tertarik menyelenggarakan Konferensi Dunia tentang Ekonomi Kreatif (WCCE) di negara. Ajang WCCE digagas Indonesia dengan tujuan memberdayakan ekonomi kreatif.

"Dubai dan Kolombia sudah tertarik untuk menyelenggarakan WCCE di negara mereka. Kita harus pilih-pilih karena brand-nya sudah kita yang pegang," kata Ketua Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf, di sela-sela penyelenggaraan WCCE 2018 di Nusa Dua, Bali, Rabu, 7 November 2018.

WCCE yang pertama kali diadakan ini rencananya akan dilaksanakan secara berkala. Entah itu satu atau dua tahun sekali. "Sedang kita rumuskan," ujar Triawan.

Baca: Badan Ekonomi Kreatif Merambah Daerah

Ia menyatakan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sudah mengakui konferensi ini. Ini tecermin dari dukungan perwakilan Konferensi PBB mengenai Perdagangan dan Pembangunan (UNCTAD). "Perwakilan UNCTAD mengapresiasi konferensi ini," kata dia.

WCCE 2018 merupakan konferensi internasional pertama yang membahas mengenai ekonomi kreatif. Sebanyak dua ribu peserta akan hadir mulai dari pemain ekonomi kreatif, regulator, akademisi, dan masyarakat sipil. Ada empat isu utama yang akan dibahas, antara lain kohesi sosial, regulasi, pemasaran, serta ekosistem dan pembiayaan industri kreatif.

Konferensi ini akan menghasilkan Deklarasi Bali yang nantinya diusulkan ke Sidang Umum PBB tahun depan. Harapannya, deklarasi ini semakin menguatkan ekosistem dan mendukung perkembangan ekonomi kreatif dunia, mengingat saat ini telah memasuki era industri 4.0.


(YDH)


Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

1 day Ago

Merpati Nusantara Airlines berjanji akan melunasi utang dan pesangon mantan karyawannya. Janji …

BERITA LAINNYA