Pemerintah Siapkan Rp1,06 Triliun untuk Palu-Donggala

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 05 Oct 2018 18:55 WIB
Gempa DonggalaDana Bencana
Pemerintah Siapkan Rp1,06 Triliun untuk Palu-Donggala
Suasana usai terjadi gempa 7,7 SR di Palu. (FOTO: MI/Susanto)

Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyiapkan dana Rp1,06 triliun untuk penanganan pascagempa di Palu dan Donggala, Sulawesi Tenggah. Duit akan dicairkan dalam dua tahap.

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani mengatakan, dana itu akan disalurkan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sampai akhir tahun. Sedangkan untuk tahun depan, pemerintah masih menghitung kebutuhan dana rehabilitasi dan konstruksi pascagempa.

"Kami harus cadangkan untuk yang 2019, tapi kami belum tahu sekarang jumlah anggarannya berapa. Insyaallah sampai kebutuhan 2018 ini bisa dipenuhi pemerintah," ujar Askolani ditemui di Kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Jumat, 5 Oktober 2018.

Dirinya menambahkan, pemerintah akan mengandalkan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Sementara untuk dana bantuan dari pihak asing masih dikoordinasikan dan akan disalurkan pada waktunya.

"Tentunya (bantuan asing) lagi dikoordinasikan pemerintah. Nanti tunggu saja pada waktunya. Sekarang pemerintah sedang siapkan karena harus settle dulu," jelas dia.

Sementara itu Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Harmensyah menjelaskan pihaknya masih melakukan pengecekan kondisi di lapangan. Sedangkan dana operasional penanggulangan awal sudah disalurkan kepada pihak-pihak terkait.

"Kami hari ini turun tim semua untuk melakukan kajian kebutuhan pasca bencananya. Ya dalam seminggu itu kami selesaikan. Namun untuk penanganan darurat kita sudah berikan juga dana-dana operasi darurat," pungkasnya.

 


(AHL)


Perpres DNI Rampung Pekan Depan

Perpres DNI Rampung Pekan Depan

1 week Ago

Pemerintah mempercepat penyelesaian rancangan per-aturan presiden (Perpres) mengenai Daftar Neg…

BERITA LAINNYA