Revolusi Industri Mempermudah Bisnis UMKM

   •    Minggu, 10 Jun 2018 14:00 WIB
umkm
Revolusi Industri Mempermudah Bisnis UMKM
UMKM. Antara/Andreas Fitri Atmoko.

Jakarta: Pelaku bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) semakin dimudahkan dengan perkembangan revolusi industri. Platform penyedia jasa hukum online LegalGo berusaha mempermudah pebisnis, pemilik startup, pengusaha UKM, dan siapapun di Indonesia yang membutuhkan jasa hukum secara efisien.

Jasa hukum dibutuhkan untuk memperkuat merek dagang serta perjanjian secara legal antara pelaku bisnis. Tiga layanan utama, yaitu pendirian perusahaan, pendaftaran merek serta pembuatan perjanjian antar beberapa pihak menjadi hal yang penting. LegalGo mengatakan proses hukum ataupun pemintaan baru untuk proses hukum lainnya dapat dilakukan dengan mudah lewat akun pengguna.

"Saya yakin LegalGo bisa menjangkau lebih banyak lagi pengusaha yang butuh layanan hukum," kata CEO dan Founder LegalGo Rahmar Dwi Putranto dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 10 Juni 2018.



LegalGo juga telah menggunakan teknologi seperti automated document generator untuk mempercepat proses pelayanan kepada klien dalam pembuatan dokumen dan invoice yang secara otomatis langsung dapat diunduh oleh klien. Fitur lainnya yang juga diluncurkan adalah real-time tracking untuk mengetahui perkembangan pekerjaan yang dilakukan oleh LegalGo.

"Sejauh ini klien LegalGo datang dari bermacam-macam background, rentang usia nya juga ternyata luas, dari 18 hingga 40 tahun. Makanya, layanan kami harus dibuat sedemikian rupa supaya mudah dimengerti," tambah COO LegalGo Veronica Situmorang.

LegalGo mencantumkan perkiraan total biaya setiap layanan di halaman utama website. Dia mengatakan LegalGo dapat mendirikan perusahaan dalam kurun waktu kurang dari 30 hari dengan biaya Rp9 juta. LegalGo juga sedang dalam tahap ekspansi ke beberapa daerah di Indonesia dan mancanegara. Dalam waktu dekat, LegalGo akan membuka cabang di Yogyakarta serta beberapa daerah lainnya.

Perkembangan revolusi indiustri juga menuntut pelaku UMKM untuk harus kreatif mengembangkan usahanya. Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta para pelaku usaha harus mampu beradaptasi dengan era Revolusi Industri 4.0, di mana internet memiliki peran besar dalam kehidupan masyarakat.

"Selain melakukan pemasaran secara konvensional, UMKM juga harus memasarkan produknya secara online. Jika ini dilakukan, saya yakin hasilnya akan dahsyat. Peluang untuk bekerja sama dengan berbagai marketplace seperti tokopedia, bukalapak, blibli, shopee dan lainnya sangat terbuka," kata Bamsoet.


(SAW)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

1 day Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA