30 Kontainer Dipasang Stiker karena Lama Tinggal di Petikemas Surabaya

Amaluddin    •    Selasa, 20 Sep 2016 07:12 WIB
kontainer
30 Kontainer Dipasang Stiker karena Lama Tinggal di Petikemas Surabaya
Kontainer. MTVN/Ammaludin.

Metrotvnews.com, Surabaya: Sebanyak 30 kontainer yang ada di Terminal Petikemas Surabaya (TPS), Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, dipasang stiker oleh Polres Tanjung Perak Surabaya. Tulisan pada striker itu tertulis "Dalam Pemeriksaan Satgas Dwelling Time Polres Pelabuhan Tanjung Perak".

Penanggung Jawab Bagian Hukum dan Komersil PT TPS, Erika Palupi, mengatakan pihaknya sangat mendukung langkah dari kepolisian untuk Dwelling Time. Menurut Erika, puluhan kontainer itu sudah ngendon cukup lama, yakni sekitar dua pekan.

"Kita mendorong dan mempercepat proses dwelling time. Selama dokumennya lengkap, tidak ada alasan untuk menahan barang disini," terang Erika, di Surabaya, Senin (19/9/2016).
 
Erika mengatakan, TPS juga menerapkan denda pada importer yang tidak segera mengambil barangnya di TPS, ketika Surat Pemberitahuan Pengeluaran Barang (SPTB) sudah terbit melebihi tiga hari. 

"Dendanya per kontainer Rp250 ribu per hari. Kami optimis dengan berkoordinasi pada semua pihak seperti kepolisian, bea cukai, karantina dan importer bisa mengurai kendala yang ada disini," katanya.

Sebelumnya, Senin pagi, Kapolres Tanjung Perak, AKBP Takdir Mattanete, melakukan pemasangan stiker pada puluhan kontainer di Terminal Petikemas Surabaya (TPS), Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Kata Takdir, puluhan kontainer tersebut terpaksa diberi stiker karena masih dalam pemeriksaan satgas Dwelling Time.

Menurut Takdir, barang-barang tersebut sebenarnya sudah dibayar oleh pemiliknya, tetapi tidak segera diambil dari TPS. Sehingga mengakibatkan dwelling time dan mengganggu pada  aktivitas yang lain. 

"Para pemilik supaya segera mengambil barangnya untuk disimpan di gudang atau dimana. Berdasarkan data yang ada, sebanyak 100 kontainer yang berada disini selama 10 sampai 20 hari belum diambil. Makanya kita memasang stiker pada 20 sampai 30 kontainer sebagai sampel," ujarnya.

(SAW)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA