Ekonomi DKI Jakarta Diproyeksi Tumbuh di Atas Nasional

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 06 Nov 2018 09:26 WIB
pertumbuhan ekonomibank indonesiaekonomi indonesia
Ekonomi DKI Jakarta Diproyeksi Tumbuh di Atas Nasional
Logo Bank Indonesia di Komplek Kantor Bank Indonesia, Jakarta (MI/ROMMY PUJIANTO)

Jakarta: Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KPw) DKI Jakarta memperkirakan perekonomian Jakarta masih mampu tumbuh relatif tinggi pada kuartal berikutnya. Bahkan ekonomi di ibu kota diproyeksikan tumbuh di atas perkiraan pertumbuhan ekonomi nasional.

"Dengan mempertimbangkan capaian kinerja sejak awal 2018, pertumbuhan ekonomi Jakarta untuk keseluruhan 2018 diperkirakan relatif stabil dibandingkan dengan kinerja 2017," kata Kepala KPw BI DKI Jakarta Trisno Nugroho, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa, 6 November 2018.

Investasi akan menjadi salah satu sumber dorongan pertumbuhan ekonomi, melalui pembangunan infrastruktur yang kembali menggeliat pada kuartal akhir tahun ini, antara lain rangkaian pembangunan jalur MRT fase kedua yang menurut rencana akan dimulai pada akhir tahun ini, pembangunan enam ruas tol dalam kota, serta terus berjalannya proses pembangunan jalur LRT.

Sisi konsumsi juga akan menjadi faktor utama yang akan mendorong perekonomian di pengujung 2018, khususnya pada meningkatnya konsumsi rumah tangga yang dipengaruhi oleh momen libur akhir tahun, serta pada konsumsi pemerintah dalam rangka optimalisasi penyerapan anggaran dan pemenuhan target program kerja selama tahun berjalan.            

"Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta akan terus memonitor berbagai perkembangan baik di tingkat regional, nasional, maupun eksternal, sekaligus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta," jelas dia.

Sebelumnya, pertumbuhan ekonomi di Jakarta tercatat sebesar 6,41 persen (yoy) di kuartal III-2018. Setelah sempat melambat pada triwulan sebelumnya, perekonomian DKI Jakarta mulai tumbuh yang menandai masih positifnya prospek kinerja perekonomian.

Pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta pada kuartal III-2018 terutama ditopang oleh membaiknya pertumbuhan Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB), yang salah satunya disumbang oleh progress pembangunan jalur MRT dan LRT di ibu kota, serta datangnya beberapa set rangkaian keretanya secara bertahap selama kuartal III.

"Di sisi lain, semakin dekatnya pelaksanaan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019 berdampak pada semakin intensifnya kegiatan-kegiatan konsolidasi partai politik, sehingga turut mendorong konsumsi Lembaga Non Publik yang Melayani Rumah Tangga (LNPRT) tumbuh lebih baik dibandingkan dengan kuartal sebelumnya," pungkas Trisno.


(ABD)


Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

1 day Ago

Merpati Nusantara Airlines berjanji akan melunasi utang dan pesangon mantan karyawannya. Janji …

BERITA LAINNYA