Perbandingan Biaya Transportasi Darat dan Udara

Desi Angriani    •    Selasa, 15 Jan 2019 12:56 WIB
bisnis maskapai
Perbandingan Biaya Transportasi Darat dan Udara
Ilustrasi penumpang menunggu di bandara. (FOTO: MI/Ramdani)

Jakarta: Mahalnya tarif tiket penerbangan domestik membuat masyarakat mulai beralih menggunakan moda transportasi darat. Khususnya bagi perjalanan dengan rute di sepanjang Pulau Jawa.

Lantas bagaimana perbandingan biaya transportasi antara jalur darat dan udara dengan rute yang sama? Medcom.id, Selasa, 15 Januari 2019mencoba menghitung lama tempuh dan ongkos yang dikeluarkan khusus dari Jakarta menuju Surabaya.

Jika menggunakan moda transportasi udara, maka biaya yang harus dikeluarkan dalam satu kali perjalanan mencapai Rp2,5 juta untuk maskapai full service. Sedangkan tarif maskapai berbiaya murah berada di kisaran Rp1 juta sebelum diturunkan menjadi Rp565 ribu. Angka tersebut diperoleh dari aplikasi online penyedia jasa tiket transportasi darat dan udara.

Melalui si burung besi, pelanggan cukup memakan waktu tempuh 1 jam 30 menit dari Jakarta ke Surabaya. Namun waktu tersebut belum diakumulasikan sejak pelanggan berangkat dari rumah ke bandara, melakukan check in dan boarding pas hingga landing di bandara tujuan. Kalau ditotal bisa memakan waktu 4,5 jam.

Rinciannya, pelanggan biasanya akan tiba dua jam lebih awal ke bandara untuk menghindari macet. Kemudian menghabiskan 30 menit hingga satu jam untuk melakukan check-in bila antrean panjang. Lalu 30 menit berikutnya dihabiskan saat boarding pas dan perjalanan menuju gate masing-masing. Setelah landing, biasanya pelanggan kembali menghabiskan 30 sampai 50 menit untuk pengambilan bagasi.

"Sekarang untuk terbang dari Jakarta ke Surabaya itu penerbangan 1,5 jam, check-in satu jam sebelumnya, berarti sudah habis 2,5 jam. Buat seseorang berangkat dari rumah ke bandara  habis waktu 1-2 jam, total 4,5 jam di jalan," ungkap Pengamat Penerbangan Alvin Lie kepada Medcom.id, di Jakarta, Senin, 14 Januari 2019.

Sementara itu, perjalanan Jakarta-Surabaya dengan menggunakan moda transportasi darat tercatat memakan waktu lebih lama. Namun biaya yang dikeluarkan bisa separuh lebih murah dibandingkan tarif tiket penerbangan.

Misalnya kereta api Jakarta-Surabaya memakan waktu sedikitnya sembilan jam untuk kereta kelas eksekutif dan 14 jam untuk kereta kelas ekonomi. Dari segi harga, tiket kelas eksekutif mematok tarif hingga Rp1 juta atau hampir sama dengan harga tiket penerbangan LCC. Hanya tiket kelas ekonomi yang mampu mematok harga harga hingga Rp175 ribu untuk satu kali perjalanan.

Adapun biaya transportasi darat menggunakan kendaraan pribadi atau golongan satu hampir sama dengan harga tiket kereta api kelas eksekutif maupun tiket maskapai berbiaya murah. Angka tersebut dihitung dari jumlah tarif tol ditambah konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite.

Total biaya ruas tol Jakarta-Cikampek sampai ruas tol Mojokerto-Surabaya mencapai Rp474 ribu. Di antaranya tarif tol termurah berada di ruas tol Semarang (Jatingaleh-Krapyak dan Jatingaleh-Srondol) dengan tarif Rp5.500. Sedangkan tarif termahal yakni ruas tol Cikopo-Palimanan dengan biaya Rp102 ribu.

Sementara konsumsi BBM jenis pertalite diperkirakan menghabiskan Rp500 ribu. Jika ditotal maka biaya perjalanan menggunakan kendaraan umum mencapai Rp974 ribu dengan waktu tempuh 8-10 jam melalui jalur tol Trans Jawa sepanjang 759,61 kilometer.

Kesimpulannya, biaya perjalanan rute Jakarta-Surabaya akan menghabiskan waktu 4,5 jam menggunakan pesawat dengan biaya Rp565 ribu-Rp2,5 juta. Kemudian kereta api membutuhkan waktu 9-14 jam dengan tarif Rp175 ribu sampai Rp1 juta, sedangkan kendaraan pribadi lewat ruas tol Trans Jawa akan memakan waktu tempuh 8-10 jam dengan biaya sebesar Rp974 ribu.

 


(AHL)