Menkeu Mendadak jadi "Guru" Pajak

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 09 Nov 2018 13:16 WIB
pajak
Menkeu Mendadak jadi
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat menjadi "guru" di hadapan 400 pelajar dari berbagai tingkatan seperti SD, SMP, SMA, dan mahasiswa. (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)

Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mendadak menjadi "guru" pajak. Dia menyampaikan pentingnya pajak bagi pembangunan kepada siswa hingga mahasiswa. Sosialisasi ini dilakukan dalam kegiatan Pajak Bertutur yang merupakan rangkaian acara Pekan Inklusi Kesadaran Pajak 2018.

Di hadapan 400 pelajar dari berbagai tingkatan seperti SD, SMP, SMA, dan mahasiswa dari Universitas Indonesia (UI), IPB, Trisakti, Budi luhur, Untar, Gunadarma, dan STAN, Sri Mulyani menyampaikan manfaat pajak untuk pembangunan.

"Kalau uang pajak dikumpulkan, itu uangnya kembali lagi untuk bayar gaji guru kalian, kita membangun jalan yang kalian lewati," kata dia di Kantor Pusat DJP, Jakarta, Jumat, 9 November 2018.

Dirinya menjelaskan, bagaimana pemerintah menarik pajak pendapatan melalui Pajak Penghasilan (PPh). Namun penarikan pajak yang dilakukan pemerintah tidak dilakukan dengan seenaknya, tapi didasarkan peraturan agar menciptakan keadilan.


Menkeu Sri Mulyani saat menghadiri acara Pekan Inklusi Kesadaran Pajak 2018. (FOTO: Medcom.id/Eko)

"Jadi bukan pajak itu kita ambil seenaknya. Ada hitungannya, yang namanya PTKP. Apa itu PTKP? Pendapatan Tidak Kena Pajak. Artinya ada batas tertentu gaji itu tidak dikenakan pajak," jelas Sri Mulyani.

Kegiatan yang dilaksanakan hari ini merupakan bagian dari puncak rangkaian acara Pekan Inklusi Kesadaran Pajak 2018 yang dilaksanakan pada 5-9 November 2018 dalam rangka peringatan Hari Pajak dan Kampanye Program Inkusi Kesadaran Pajak dalam Pendidikan.

Rangkaian acara yang dilaksanakan termasuk perlombaan lagu daerah bermuatan sadar pajak serta lomba penyusunan kurikulum Rencana Pembelajaran Semester bermuatan kesadaran pajak. Selain itu dilaksanakan juga bedah buku, workshop penulisan bagi mahasiswa, workshop dekat dengan UMKM, serta kunjungan anak-anak sekolah dasar ke galeri Kantor Pusat Ditjen Pajak.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pemahaman masyarakat tentang manfaat dan peranan pajak dalam pembangunan serta dukungan pemangku kepentingan dalam menumbuhkan kesadaran pajak sejak dini melalui pendidikan," kata Direktur Jenderal Pajak Robert Pakpahan.


(AHL)


Merpati dalam Cangkang

Merpati dalam Cangkang

21 hours Ago

NASIB maskapai penerbangan PT Merpati Nusantara Airlines (persero) bak burung dalam sangkar.

BERITA LAINNYA