Rini: Perekonomian Sulteng Sudah Berjalan

Surya Perkasa    •    Rabu, 10 Oct 2018 08:19 WIB
bumnkementerian bumnGempa Donggala
Rini: Perekonomian Sulteng Sudah Berjalan
Menteri BUMN Rini Soemarno (MI/SUSANTO)

Palu: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menilai perekonomian di Sulawesi Tengah (Sulteng) sudah mulai menggeliat. Hal ini didukung kembali normalnya layanan energi seperti kelistrikan, bahan bakar, dan elpiji.

Menteri BUMN Rini Soemarno menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan perusahaan BUMN yang bergerak di bidang energi segera dinormalisasi. Hal itu dianggap penting karena menjadi salah satu indikator utama untuk perekonomian kembali berjalan.

"Tadi saya juga berhenti dan sudah ada yang jualan martabak. Saya tanya apakah susah cari elpiji, mereka bilang tidak," kata Rini, saat meninjau pemulihan daerah terdampak gempa di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa, 9 Oktober 2018.



PT Pertamina (Persero), misalnya, sudah memulihkan distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan elpiji yang sempat terputus. Dalam konteks ini, Pertamina mengirimkan stok dan personel untuk pemulihan. Setidaknya ada 33 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang dioperasikan di wilayah Palu, Sigi, dan Donggala.

Sebanyak tiga stasiun pengisian bulk elpiji (SPBE) juga berusaha dioperasikan untuk menjaga pasokan gas bagi warga. "Karyawannya ada yang kena musibah. Kita perlu mendatangkan relawan dari Pare-Pare Bone (untuk membantu operasi)," kata Rini.

Kelistrikan di Sulawesi Tengah, masih kata Rini, juga sudah mencapai 90 persen. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) bahkan mengirimkan 1.400 teknisinya dari seluruh Indonesia untuk perbaikan jaringan yang banyak rusak.

"Jadi sudah sesuai dengan harapan Bapak Presiden, ekonomi sudah dapat berjalan," pungkas dia.

 


(ABD)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

2 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA