Pemerintah Pastikan Bunga KUR 7% di 2017

Suci Sedya Utami    •    Minggu, 27 Nov 2016 18:16 WIB
kur
Pemerintah Pastikan Bunga KUR 7% di 2017
Pelaku UMKM (ANT/Aditya Pradana Putra).

Metrotvnews.com, Bogor: Kementerian Keuangan mengonfirmasi Pemerintah akan merealisasikan janji untuk menurunkan bunga kredt usaha rakyat (KUR) dari sembilan persen tahun ini menjadi tujuh persen di 2017.

"Bunga KUR 2017 lebih rendah 1-2 persen dibanding 2016," kata Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani dalam pelatihan media keuangan di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 26 November.

Penurunan bunga KUR ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang berkecimpung di usaha mikro kecil menengah (UMKM)  bisa mendapatkan pinjaman yang lebih murah dalam mengembangkan bisnisnya bunga lebih rendah antara 2017 dibanding 2016, 1 hingga 2 persen lebih kecil dari posisi 2016. Sekarang sembilan persen, berarti pokoknya lebih kecil 1-2 persen.

Baca : Bunga KUR Dipastikan Turun Jadi 7% di 2017

Sebelumnya, pada Februari lalu, Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga pernah menyinggung penurunan bunga KUR yang diharapkan semakin meningkatkan gairah pelaku UKM dalam berproduksi. Apabila skala usahanya meningkat, maka pelaku UKM itu bisa berpotensi menyerap banyak tenaga kerja.

"Ini sebuah langkah nyata bagaimana bisa mengurangi kemiskinan. Tanpa bunga KUR rendah tidak akan tercapai penurunan kemiskinan. Apapaun hebatnya kegiatan kita kalau pelaku usaha kecil tidak diperhatikan, kemiskinan tidak akan turun," tutur Puspayoga.

Pemerintah, lanjut dia, akan membina pelaku usaha disertai dengan memberikan KUR sebagai modal usaha. Selanjutnya pelaku usaha diminta harus bisa memanfaatkan peluang ini untuk terus tumbuh dan berkembang.

"Tidak ada di dunia pelaku usahanya itu keliling kampung, nenteng-nentang barang dagangannya, tidak ada, itu hanya ada di Indonesia. Semangat ini kalau tidak dibina enggak akan bisa berkembang," pungkas  dia.


 


(SAW)