Libas Kelompok Buku III Beraset di Atas Rp100 Triliun, BTN Gaet API 2016

Ade Hapsari Lestarini    •    Jumat, 14 Oct 2016 10:16 WIB
btn
Libas Kelompok Buku III Beraset di Atas Rp100 Triliun, BTN Gaet API 2016
Ilustrasi. (FOTO: ANTARA/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) mendapatkan penghargaan Anugerah Perbankan Indonesia 2016. BTN mengalahkan bank pada kelompok buku III dengan aset di atas Rp100 triliun.

BTN menempati peringkat pertama dalam peringkat tersebut. Perhimpunan Bank-Bank Nasional (Perbanas) juga "mengganjar" Direktur Utama BTN Maryono sebagai CEO of the year 2016 yang diterima langsung oleh Maryono di Jakarta, Kamis 13 Oktober 2016. Dalam Anugerah Perbankan Indonesia 2016 yang diselenggarakan oleh Perbanas itu, BTN mendapatkan penghargaan sebagai bank dengan peringkat I untuk kelompok bank buku III dengan aset di atas Rp100 triliun.

Penghargaan tersebut sudah melalui proses dengan menilai 10 aspek antara lain mengenai finance value creation, efficiency dan profit, Good Corporate Governance (GCG), risk management, human capital, marketing, IT, corporate communication, dan CSR.

"Ini merupakan penghargaan dari apa yang sudah BTN lakukan selama ini. Proses transformasi yang sudah dan saat ini masih terus berjalan telah menghasilkan suatu kinerja yang sangat bagus. Tidak hanya performance saja tetapi juga GCG yang sudah menunjukkan hasil. Penghargaan ini merupakan apresiasi yang diberikan kepada BTN atas hasil itu," tutur Maryono usai menerima penghargaan, seperti dikutip dalam siaran persnya, di Jakarta, Jumat (14/10/2016).

Transformasi yang dilakukan di BTN, tambah Maryono, sudah masuk tahap kedua yaitu digital banking. Perseroan sudah melakukan serangkaian kegiatan dalam rangka mempersiapkan diri agar seluruh layanan bank dapat dilakukan secara digital.

"Banyak hal yang akan didapat dari proses ini dimana bank pada akhirnya nanti akan lebih efisiien, pelayanan lebih cepat dan mudah. Semua proses dapat dipertanggungjawabkan karena sudah masuk dalam sistem digital. Proses bisnis akan lebih cepat dan GCG tetap akan mengawal dalam pelaksanaannya," jelas dia.

Menurut dia, penerapan GCG di BTN sudah semakin baik, hal ini terlihat dari berbagai penghargaan yang telah diterima perseroan. Award  yang diterima BTN di Manila beberapa waktu lalu dalam GCG score card adalah sebuah bukti pengakuan dari lembaga internasional kepada BTN dalam penerapan GCG.

"ARA 2015 yang menempatkan BTN sebagai Juara I untuk kelompok BUMN perbankan listed. Ini sebuah pengakuan atas apa yang sudah kami lakukan selama ini," pungkas Maryono.


(AHL)