Ruas Tol Trans Jawa Diharap Beroperasi untuk Lebaran 2018

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 03 Jan 2018 20:14 WIB
transportasi lainjalan tol
Ruas Tol Trans Jawa Diharap Beroperasi untuk Lebaran 2018
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono MI/Panca.

Jakarta: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meyakini ruas tol Trans Jawa akan segera selesai tahun ini sehingga bisa digunakan untuk mudik Lebaran Idul Fitri 2018.

Basuki menyebutkan kemajuan pembangunan ruas tol yang menghubungkan Jakarta-Surabaya terus berjalan. Masalah pertanahan diharapkan selesai pada pertengahan Januari 2018. Saat ini rata-rata kemajuan dalam penyediaan tanah atau lahan itu sudah mencapai 99 persen.

"Mudah-mudahan pertengahan Januari kita minta sudah selesai semua tanah, dan konstruksi kita selesaikan akhir 2018 ini semoga dioperasikan full. Kemudian Juni bisa fungsional untuk mudik," kata Basuki di Kantor BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu, 3 Januari 2018.

Senada dengan Basuki, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengungkapkan melihat kemajuan pembangunan ruas tol saat ini, maka Tol Trans Jawa diprediksi bisa digunakan sebagai tol fungsional saat mudik Lebaran 2018.

"Lebaran nanti fungsional,‎ 2018 sudah sampai Surabaya," ujar Herry.

Sementara itu Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desy Arryani mengungkapkan banyak sekali ruas tol yan akan diselesaikan tahun ini. Utamanya adalah ruas tol Tans Jawa.

"Banyak sekali. Ngawi-Kertosono, Solo-Ngawi, Gempol-Pasuruan seksi II, Gempol-Pasuruan seksi III, Batang-Semarang. Kemudian Salatiga-Kertasura. Itu semua harus dituntaskan karena semua bagian dari Trans Jawa. Harus dituntaskan tahun ini," pungkas Desy.


(SAW)