Tiga Catatan Menaker untuk Dinas Ketenagakerjaan

Gervin Nathaniel Purba    •    Selasa, 30 Jan 2018 16:15 WIB
berita kemenaker
Tiga Catatan Menaker untuk Dinas Ketenagakerjaan
Menaker Hanif Dhakiri (Foto:Wahyu Putro A)

Jakarta: Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri meminta Dinas Ketenagakerjaan memerhatikan tiga hal terkait masalah ketenagakerjaan.

Pertama, soal kualitas sumber daya manusia (SDM). Ia ingin Dinas Ketenagakerjaan fokus meningkatkan kualitas SDM agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan industri dan pasar kerja.

Kedua, kuantitas. Saat ini, Indonesia tidak banyak memiliki tenaga kerja yang benar-benar berkompeten. Sehingga industri kesulitan menyerap tenaga kerja.

"Kita juara banyak dalam lomba di berbagai bidang seperti robotik, otomotif, dan bidang lainnya. Tapi bicara kuantitas menjadi soal. Berapa banyak yang bisa jadi juara,” ujar Hanif, saat membuka Rakornas di Hotel Bhidakara, Jakarta, Selasa, 30 Januari 2018.

Ketiga, lokasi. Ia menilai kekurangan Indonesia adalah penyebaran SDM berkualitas yang tidak merata. Ketiga hal tersebut menurutnya sudah dikuasai oleh Tiongkok.

"Tiongkok siap dengan ketiga hal itu. Mereka jumlah tenaga kerjanya memadai dan lokasinya oke,” kata Hanif.

Sebenarnya, lanjut Hanif, ketiga hal itu tidak menjadi masalah ketika berinvestasi di Jakarta. Namun ketika berinvestasi di luar Jakarta, sepertinya ketiga hal itu sulit terpenuhi.

“Begitu investasi di daerah, ambil contoh Papua Barat, mencari tenaga kerja yang insinyur 1.000 orang, tapi cuma dapat 100 orang,” kata Hanif.

Hanif ingin Dinas Ketengakerjaan memperhatikan masalah tersebut. "Penyebaran ini harus sangat diperhatikan. Mereka (Tiongkok) SDM-nya berkualitas, jumlahnya memadai, dan tersebar. Sementara, kita hanya di daerah tertentu,” ucapnya.


(ROS)