Genjot Wisata Halal, Sandi Prediksi Hotel Syariah Tumbuh 20%

Desi Angriani    •    Jumat, 10 Nov 2017 17:53 WIB
wisata halal
Genjot Wisata Halal, Sandi Prediksi Hotel Syariah Tumbuh 20%
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. (FOTO: MTVN/Desi Angriani)

Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus menggenjot potensi wisata halal di Tanah Air. Pasalnya, label wisata halal diyakini mampu menggaet lebih banyak wisatawan dari Timur Tengah khususnya Arab Saudi.

Untuk mendukung program tersebut, Pemprov DKI Jakarta turut mengembangkan potensi wisata halal di Ibu Kota. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, Kota Tua dan Kepulauan Seribu menjadi fokus destinasi syariah di Jakarta yang akan dikembangkan.

"Kota Tua dan Kepulauan Seribu akan kjta dorong untuk jadi destinasi wisata syariah di Jakarta," katanya ditemui Metrotvnews.com di Hotel Sofyan Betawi, Menteng, Jakarta, Jumat 10 November 2017.

Menurut Sandi, program wisata syariah ini dapat mendorong pertumbuhan hotel syariah di Jakarta. Ia memprediksi hotel syariah dapat tumbuh hingga 20 persen di tahun mendatang.

Baca: Wisata Halal Masih Kurang Promosi

"Saya akan sangat bahagia kalau bisa sampai 20 persen saja per tahun. itu sudah luar biasa," imbuh dia.

Namun saat ini pihaknya baru mencatat kenaikan hotel syariah bintang tiga atau menengah ke bawah. Namun angka tersebut masih jauh dari target pemerintah.

"Data terakhir belum punya selama ini dari kelas menengah ke bawah atau hotel berbintang tiga ke bawah banyak bertumbuh ini kita tingkatkan lagi," tambah dia.

Sandi menambahkan, ditutupnya hotel Alexis sejalan dengan program wisata syariah di Ibu Kota. Namun dia enggan berkomentar lebih jauh terkait kemungkinan Alexis menjadi hotel syariah.

"Saya ingin Alexis diikhlaskan jadi Al-Ikhlas kemarin itu dirumahkan saya minta daftarnya, mau dimasukkan ke program oke oce," tutup dia.

 


(AHL)