Terlalu Baik, TKI Sering Dimanfaatkan Orang Lain

Gervin Nathaniel Purba    •    Jumat, 09 Feb 2018 08:02 WIB
berita kemenaker
Terlalu Baik, TKI Sering Dimanfaatkan Orang Lain
Menaker Hanif Dhakiri swafoto bersama TKI. Antara Foto/Siswowidodo

Jakarta: Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri mengatakan para pekerja Indonesia selalu memberikan pelayanan terbaik. Dunia internasional mengakui hal itu.

"Soal servis, kita nomor satu," ujar Hanif saat memberikan sambutan acara penandatanganan nota kesepahaman Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker)-Tahir Foundation di kantor Kemenaker, Jakarta, Kamis, 8 Februari 2018.

Hanif menyebut, orang Indonesia juga dikenal sangat baik hati. Karena terlalu baik hati, orang Indonesia selalu dimanfaatkan orang lain, terutama saat bekerja di luar negeri.

Hanif pernah menerima keluhan dari pemagang asal Indonesia di Jepang karena merasa tidak mendapatkan keadilan. Pemagang tersebut mengaku upah yang diterimanya lebih kecil dibandingkan teman magangnya yang asal Filipina.

Keduanya magang di perusahaan dan jabatan yang sama. "Setelah itu, langsung kami selidiki," ungkap Hanif.

Setelah diselidiki, ternyata pemagang asal Filipina itu selalu minta tolong kepada pemagang Indonesia untuk membantu menyelesaikan pekerjaannya. Karena pada dasarnya orang baik, pemagang Indonesia selalu menyanggupi.

Seiring berjalannya waktu, setiap pekerjaan yang menjadi tanggung jawab pemagang asal Filipina malah dikerjakan pemagang Indonesia. Hal ini yang membuat pemagang Indonesia tidak bisa menerima.

"Hal ini yang perlu diedukasi kepada para pekerja kita," pungkas Hanif.


(TRK)


BUMN Siap Bersinergi Bangun Kemandirian Pesantren

BUMN Siap Bersinergi Bangun Kemandirian Pesantren

20 hours Ago

Menteri BUMN Rini M Soemarno menyatakan perusahaan milik negara di Indonesia siap bersinergi me…

BERITA LAINNYA