BI Siapkan Sistem untuk Pembayaran Tagihan Listrik hingga Telepon

Eko Nordiansyah    •    Senin, 12 Mar 2018 15:31 WIB
bank indonesia
BI Siapkan Sistem untuk Pembayaran Tagihan Listrik hingga Telepon
BI. MI/USMAN ISKANDAR.

Jakarta: Bank Indonesia (BI) sedang menyiapkan sistem yang nantinya bisa digunakan untuk melakukan pembayaran listrik, air, hingga telepon oleh masyarakat. Sistem Aggregator Pembayaran Tagihan (Billing Aggregator) ini diharapkan bisa memudahkan masyarakat untuk membayar tagihan di beberapa utilitas publik.

"Kita akan punya sistem seperti bayar PLN atau bayar Telkom kita satukan jadi namanya Billing Aggregator," kata Direktur Eksekutif Departemen Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) BI Pungky Purnomo Wibowo di Hotel Grand Hyatt, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin, 12 Maret 2018.

Dirinya menambahkan, BI akan menetapkan standar yang diberlakukan dalam pembayaran tersebut. Selaku otoritas di sistem pembayaran, BI menginginkan agar seluruh transaksi yang dilakukan bisa sesuai dengan ketentuan dan bisa lebih murah bagi masyarakat.

"Nanti kita atur semua standarnya. Misal sekarang masyarakat fee-nya Rp3.000, nanti kita atur supaya lebih murah. Nanti penyedia service-nya juga BI yang akan atur," jelas dia.

Namun, Pungky masih enggan membocorkan lebih jauh mengenai ketentuan yang akan diberlakukan oleh bank sentral. Diharapkan sistem ini bisa segera dimatangkan supaya kick off (pelaksanaannya) bisa dilakukan pada kuartal I-2019 yang akan datang.

"Masih kita atur standarnya bagaimana, pesannya bagaimana dan sebagainya supaya lebih mudah ke masyarakat. Selain itu BI yang akan atur buat pelaksanaannya semua. Kami berharap kuartal I 2019 sudah diluncurkan dan tentu nanti akan disampaikan Bapak Gubernur," pungkasnya.

Dalam menjalankan tugasnya, BI mengacu pada empat prinsip kebijakan sistem pembayaran, yakni keamanan, efisiensi, kesetaraan akses dan perlindungan konsumen. Tak hanya pembayaran tunai, saat ini BI juga tengah mengatur sejumlah ketentuan untuk sistem pembayaran digital.

 


(SAW)