Memanfaatkan Layanan Digital untuk Dapatkan Pekerjaan

Eko Nordiansyah    •    Senin, 12 Mar 2018 10:32 WIB
lapangan pekerjaan
Memanfaatkan Layanan Digital untuk Dapatkan Pekerjaan
Ilustrasi. (FOTO: Antara/Rekotomo)

Jakarta: Pertumbuhan makroekonomi yang cukup kuat selama satu dekade ini secara perlahan mampu menurunkan angka pengangguran di Indonesia. Namun, dengan angka lulusan sekitar dua juta setiap tahunnya merupakan tantangan tersendiri bagi pemerintah untuk menstimulasi penciptaan lapangan kerja baru.

CEO Bilik Kerja Putut Wibowo mengatakan, upaya penciptaan lapangan pekerjaaan baru ditujukan agar pasar kerja dapat menyerap tenaga kerja yang tiap tahunnya selalu bertambah. Di sisi lain, upaya untuk membantu para pencari kerja dalam mendapatkan pekerjaan juga telah dilakukan banyak pihak seperti mengadakan bursa kerja.

"Di mana seluruh peserta dipertemukan dengan perusahaan yang mencari sumber daya manusia untuk dapat mengisi posisi sesuai dibutuhkan perusahaan tersebut dalam sebuah ajang pameran atau pun kegiatan," kata dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin, 12 Maret 2018.

Di era yang serba digital saat ini, menurutnya akan sangat mudah mencari pekerjaan apabila dilakukan secara digital melalui sebuah aplikasi yang bisa dioperasikan hanya lewat gadget. Dan hampir dipastikan rata-rata generasi milenial akan sangat responsif bila bersangkutan dengan teknologi digital.

"Untuk itu kami mengenalkan sebuah aplikasi bernama Bilik Kerja yang akan membantu fresh graduate atau siapa pun yang sedang mencari kerja dalam menemukan pekerjaan yang sesuai dengan mereka inginkan," jelas dia.

Dirinya menambahkan, Bilik Kerja memiliki visi menjadi perusahan sumber daya manusia digital online dengan mengenalkan konsep baru tentang proses digital dari perekrutan dan penggajian untuk pekerjaan paruh waktu. Pihaknya bahkan menggandeng beberapa perusahaan seperti perbankan dan asuransi sebagai penyedia pekerjaan.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi yakni memiliki smartphone Android, memasang aplikasi Bilik Kerja versi terbaru, serta memiliki koneksi internet yang stabil. Sementara itu saat mengaktifkan aplikasi atau melakukan pemesanan, pengguna diharuskan untuk mengaktifkan lokasi GPS.

Setelah itu, pengguna sudah bisa memilih layanan Bilik Kerja, memasukkan jenis pekerjaan, melakukan pembayaran, memberikan feedback, kemudian akan menerima data order server. Pengguna akan diarahkan untuk mengisi data pribadi untuk kemudian dikirimkan ke partner atau penyedia pekerjaan. 

"Ada beberapa keuntungan yang didapatkan pengguna dalam menggunakan aplikasi Bilik Kerja yang antara lain seperti fleksibel dalam bekerja, pekerjaan yang spesifik, partner yang terlatih dan harga yang kompetitif," pungkasnya.


(AHL)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

4 hours Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA