IA-CEPA, Indonesia-Australia Prioritaskan Kerja Sama di 3 Sektor

Desi Angriani    •    Senin, 02 Oct 2017 14:34 WIB
indonesia-australia
IA-CEPA, Indonesia-Australia Prioritaskan Kerja Sama di 3 Sektor
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita melanjutkan Perundingan Putaran ke-9 antara Indonesia dan Australia dalam Comprehensive Economic Partnership Agremeent (IA-CEPA). MTVN/Desi Anggriani.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita melanjutkan Perundingan Putaran ke-9 antara Indonesia dan Australia  dalam Comprehensive Economic Partnership Agremeent (IA-CEPA). Kedua negara menyepakati tiga sektor yakni pariwisata, infrastruktur dan pendidikan vokasi sebagai prioritas kerja sama bilateral. 

"Yang pasti dari sisi kebutuhan kita mengenai tourism, infrastruktur dan pendidikan vokasi," kata Enggar dalam perundingan IA-CEPA di Hotel JW Marriot, Kawasan Mega Kuningan, Jakarta, 2 Oktober 2017.

Enggar mengungkapkan, dalam perundingan tersebut Indonesia tidak membatasi bentuk kerja sam dengan Australia. Namun pemerintah menginginkan Australia memberikan pelatihan vokasi di sektor peternakan. Hal ini sebagai wujud  implementasi kerja sama di bidang vokasi bagi para peternak lokal.

"Tetapi CEPA ini tidak membatasi hal itu‎. Kalau vocational  mungkin, di peternakan, mereka punya kelebihannya," imbuh dia.

Menurut Enggar, Australia juga berminat untuk menanamkan modalnya di sektor pendidikan yakni dengan membangun perguruan tinggi. Namun hal tersebut melanggar  Undang-Undang (UU) meski banyak pelajar Indonesia yang mengenyam pendidikan di negeri kangguri tersebut.

"Mereka sebenarnya memintanya secara lebih jauh, tapi itu melanggar UU, saya bikin di sini," tambahnya. 

Meski demikian, kesepakatan itu masih membutuhkan win-win solution bagi kedua negara. Selain tiga sektor tersebut, Indonesia dan Australia juga berencana masuk ke pasar di negara lain.

"kita juga sepakati untuk bisa tandem bisa berdua bersama masuk ke pasar negara lain," tutupnya.



(SAW)