RI-Mozambik Sepakati Perjanjian Dagang di IAF 2018

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 11 Apr 2018 18:40 WIB
indonesia-afrika
RI-Mozambik Sepakati Perjanjian Dagang di IAF 2018
Mendag Enggartiasto Lukita (kanan) saat bertemu Menteri Perdagangan dan Investasi Mozambik Ragendra de Sousa. (Foto: MTVN/Marcheilla).

Nusa Dua: Indonesia dan Mozambik akan segera mengawali perjanjian Preferential Trade Agreement (PTA). Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan sudah menyiapkan drafnya dan akan mulai membahas secepatnya.

"Kita akan bahas, diusahakan secepatnya," ujar Enggar di sela-sela acara Indonesia Africa Forum (IAF) 2018, di Bali, Rabu, 11 April 2018.

Enggar mengatakan akan mengunjungi Mozambik untuk meyakinkan komitmen Indonesia dalam kesepakatan ini. Rencananya, kunjungan ini akan dilakukan pada Mei atau Juni 2018.

Menteri Perdagangan dan Investasi Mozambik Ragendra de Sousa mengatakan kesepakatan PTA ini akan membawa hubungan Indonesia dan negaranya ke arah yang lebih kuat. Dia ingin agar Indonesia menjadi mitra strategis bagi Mozambik.

"Saya berharap perundingan ini bisa segera dibahas. Tak hanya untuk kesejahteraan masyarakat Mozambik, namun juga untuk rakyat Afrika," tukasnya.

PTA ini nantinya akan meliputi perdagangan barang yang menguntungkan dua negara. Diharapkan juga PTA ini akan berarti bagi ekonomi kedua negara.

 


(AHL)