BI Rancang Pembayaran Nontunai di Pusat Perbelanjaan

   •    Jumat, 27 Apr 2018 15:04 WIB
bank indonesiatransaksi non tunaiemoney
BI Rancang Pembayaran Nontunai di Pusat Perbelanjaan
Ilustrasi (MI/PANCA SYURKANI)

Kupang: Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) tengah merancang untuk menempatkan pembayaran nontunai di sejumlah pintu masuk pusat perbelanjaan di Kota Kupang. Langkah itu dalam rangka mendukung penggunaan uang nontunai dengan harapan meningkatkan keamanan dan kenyamanan.

"Kami sedang merencanakan ini. Saat ini masih ada beberapa kajian yang kami lakukan lagi," kata Staf Unit Pengawasan Sistem Pembayaran Pengolahan Uang Rupiah dan Keuangan Inklusif Benediktus, seperti dikutip dari Antara, di Kupang, Jumat, 27 April 2018.

Namun, menurutnya, untuk memasang di sejumlah kawasan atau pintu masuk pusat perbelanjaan yang diperlukan adalah pemasangan mesin ATM dari berbagai bank di sejumlah pusat perbelanjaan itu.

"Saat ini, kami masih mengkaji lagi daerah-daerah mana saja yang akan menjadi kawasan pembayaran nontunai. Tetapi sampai saat ini Kota Kupang saja yang menjadi proyek percontohan untuk hal ini," tukasnya.

Terkait jumlah transaksi nontunai di NTT, lanjutnya, masih sangat minim. Namun, terkait berapa jumlah angka pastinya belum bisa ia sampaikan. Satu hal yang menjadi kendala dalam proses penerapan pembayaran non tunai di NTT adalah masalah infrastruktur seperti masalah jaringan internet di suatu daerah.

"Disamping itu juga masalah lain seperti belum mengertinya masyarakat tentang penggunaan pembayaran nontunai yang juga menjadi kendala dalam pengembangan sistem tersebut," pungkasnya.

 


(ABD)