Polri Wanti-wanti Pengusaha tak Mainkan Harga Pangan

Ilham wibowo    •    Kamis, 17 May 2018 07:25 WIB
pangan
Polri Wanti-wanti Pengusaha tak Mainkan Harga Pangan
Kepala Satuan Tugas (Satgas) Pangan/ Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto. (Foto: Antara/Hafidz Mubarak A).

Jakarta: Kepala Satuan Tugas (Satgas) Pangan Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengingatkan pelaku usaha untuk tidak memainkan harga selama Ramadan. Polri bakal mengawal distribusi kebutuhan pokok agar masyarakat tetap mendapat harga terjangkau.

"Pelaku usaha di mana pun berada tidak coba-coba bermain harga setinggi-tingginya, momen cari untung tidak seperti itu," ucap Setyo di Gedung Mabes Polri, Jakarta, Rabu, 16 Mei 2018. 

Menurut Setyo, pihaknya telah menyepakati skema distribusi pangan bersama kementerian dan lembaga terkait. Stok pangan bakal terus dicek agar masyarakat mendapat kepastian harga yang tetap terjangkau. 

"Komoditas pangan stabil, masyarakat bisa ibadah dengan tenang, tidak ada yang mengeluh karena harga terjangkau," ungkap Kadiv Humas Mabes Polri ini. 

Masyarat diminta tak perlu khawatir terhadap informasi selisih harga pangan di beberapa pasar. Setyo bakal memastikan harga pangan tersebut tetap berada pada standar acuan pemerintah. 

"Kementerian Pertanian stok aman, Bulog stok aman, nanti Satgas pangan dan Satgas pangan daerah di seluruh polda juga akan melibatkan SKPD mengawasi distribusi," tuturnya. 

Ia mengharapkan situasi kondusif harga pangan bisa terulang seperti tahun lalu. Pengawasan petugas, kata dia, bakal dilakukan dengan formula khusus agar tak terjadi kegaduhan. 

"Stok cukup lalu distribusi aman maka harga di masyarakat stabil dalam artian terjangkau. Kami awasi dengan cara elegan dan tidak menakut-nakuti," pungkasnya. 


(HUS)