Pengeluaran Bank untuk e-Money Lebih Besar Dibandingkan Pendapatan

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 19 Sep 2017 18:21 WIB
transaksi non tunai
Pengeluaran Bank untuk e-Money Lebih Besar Dibandingkan Pendapatan
Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja. MI/IMMANUEL ANTONIUS.

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja membeberkan biaya yang harus dikeluarkan oleh bank untuk uang elektronik (e-money). Pemasukan yang didapatkan oleh bank lebih rendah dibandingkan dana yang harus dikeluarkan untuk bisnis e-money tersebut.

Saat ini Jahja menyebut jika kartu Flazz BCA yang beredar di masyarakat ada sekira 13 juta kartu. Namun hanya 5 juta di antaranya yang memiliki saldo berkisar antara Rp40 ribu per kartu sehingga total dana mengendap dari Flazz BCA ada sekira Rp200 miliar.

"Jadi kalau Rp218 miliar itu spread enam sampai tujuh persen setahun cuma dapat Rp15 miliar dari situ. Biaya (yang dikeluarkan bank) Rp80 miliar, ada minus sedikit," kata dia ditemui di JCC, Senayan, Jakarta, Selasa 19 September 2017.

Dirinya menjelaskan biaya yang dikeluarkan oleh bank adalah untuk pembelian kartu e-money tersebut. Selain itu masih ada biaya maintenance, install di gerbang atau edc-nya, dan biaya instalasi yang harus dikeluarkan oleh bank sebagai penyedia jasa pembayaran nontunai.

"Jadi kayak di jalan tol dalam kota misalnya kita ada 35 gate, itu mesti didatangi satu-satu pasang (reader e-money), service, ada juga agreement dengan Jasa Marga juga ada fee, tapi saya lupa berapa," jelas dia.

Meski begitu, Jahja mengaku akan tetap mengikuti aturan yang akan berlaku entah ada biaya atau tidak untuk top up e-money. Menurut dia kalaupun ada biaya yang dibebankan kepada nasabah maka service yang akan diberikan oleh bank akan lebih baik.

"Kita sih siap saja, kalau minta dibebaskan ya bebaskan tapi kalau kesepakatan ada biaya untuk service layanan yang lebih baik tentu kita kenakan. Kita enggak cari untung dari top up sebenarnya, tapi bagaimana terus meningkatkan layanan," pungkasnya.



(SAW)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA